Mantan Mendag Enggartiasto Ajak Dunia Usaha Bantu Pemkab Banyuwangi Atasi Covid-19

by -318 Views
Girl in a jacket

Foto : Yudhi Ramadina mewakili management éL Hotel Royale Banyuwangi menyerahkan bantuan untuk penanganan Covid-19 kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Banyuwangi, seblang.comEnggartiasto Lukita, mantan Menteri Perdagangan, menyerukan agar semua pihak bahu-membahu saling membantu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

iklan aston

Dia menyerukan kepada pengusaha dan yang berkecukupan di negeri ini untuk membantu rumah-rumah sakit, dan daerah yang warganya memerlukan alat perlindungan diri (APD) di Tanah Air.

Untuk itu, Enggartiasto memberikan bantuan untuk Kabupaten Banyuwangi yang diserahkan di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi,  Jumat, (8/5).

“Bangsa ini memerlukan semua elemennya untuk urun rembug saling membantu. Karena tidak ada satu negara pun yang siap. Sekaliber Amerika sekalipun, tidak siap ” kata Enggartiasto bersama  Alek Sumadi Seng dan Then Herry Yulianto dari Yayasan Sahati di Jakarta, Jumat (8/5).

Bantuan ini diserahkan oleh Yudhi Ramadina mewakili management éL Hotel Royale Banyuwangi kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Mengutip Enggar, Yudhi Ramadina mengatakan bahwa sumbangan alat kesehatan ini dikumpulkan dari para pengusaha yang peduli dan ingin berkontribusi mengatasi pandemi COVID-19.

Sebaliknya, Abdullah Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi mengatakan, atas nama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi mengucapkan terima kasih atas bantuan kepada tenaga medis ini.

Selanjutnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi akan mendistribusikan bantuan ini kepada rumah sakit rujukan covid dan puskesmas yang ada di kabupaten Banyuwangi.

“Ada rapid test kit dan masker yang bagus, serta sarung tangan, APD dan pelindung wajah, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Banyuwangi dan tenaga medis” kata A. Azwar Anas.

Jika sebelumnya saat menjadi  Menteri Perdagangan, Enggartiasto mengumpulkan pengusaha untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri.

Di Ramadan kali ini, ia mengumpulkan pengusaha untuk menggalang sumbangan ke daerah-daerah dan berbagai rumah sakit di Tanah Air. Ia juga menyatakan tidak mungkin kita hanya menyandarkan semuanya kepada pemerintah. Negara adi daya pun tergagap menghadapi wabah ini. Sebaliknya, semua kekurangan yang terjadi, harusnya diatasi bersama seluruh elemen bangsa.

Ini yang menyebabkan politisi senior Partai NasDem ini menggalang sejumlah pengusaha untuk membantu mengatasi pandemi.  Apa yang dilakukannya bersama Chandra Asri, PT Indonesia SEIA, dan juga Pakuwon Grup melalui Pakuwon peduli, akan terus bergulir menggamit pihak-pihak lain yang peduli untuk membantu pemerintah menuntaskan wabah ini.

Sumbangan guna penanganan Covid-19 ini adalah kali kelima yang diberangkatkan Enggartiasto, Sumadi Seng, dan Then Herry.  Yang berhasil digalang Enggar meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set. Selain itu, Enggar dan Yayasan Sahati juga menyiapkan 175 ribu unit alat rapid test dan yang akan datang adalah 30 unit ventilator.

Selain di Banyuwangi, alat-alat itu sudah dan akan didistribusikan ke Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan Cirebon. “Saya mengimbau kepada seluruh warga negara melakukan apa pun yang kita bisa untuk ikut mengatasi pandemi Covid-19 ini. Semoga Tuhan melindungi Indonesia,” kata Enggartiasto. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.