Tapemdes Minta Masyarakat Mengawasi Panitia Jaga Netralitas Pilkades Desa Parangharjo

by -385 Views
M Norawi, Kabag Tata Pemerintahan Desa pemkab Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Menindaklajuti mundurnya beberapa panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) desa Parangharjo kecamatan Songgon Banyuwangi, Bagian Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) pemkab Banyuwangi turun langsung ke desa untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) persiapan pilkades PAW desa tersebut pada Kamis (20/05/2021).

Menurut M Norawi, Kepala Bagian (Kabag) Tapemdes pemkab Banyuwangi, pada dasarnya proses tahapan pilkades PAW desa Parangharjo sudah ada berjalan namun karena ada ketidaksinkronan dalam penyusunan tata tertib ada beberapa panitia yang mengundurkan diri. Setelah melaksanakan monev ternyata sudah terbentuk kepanitian yang baru sehingga tahapan pilkades PAW desa tersebut terus dilanjutkan.

iklan aston

“Penekanan kami bagaimana semua pelaksana di tingkat desa netral terutama panitia, BPD kemudian Kepala desa dan perangkatnya termasuk RT/Rwnya harus netral. Karena pilkades PAW lebih rawan daripada pilkades reguler karena yang mempunyai hak suara adalah perwakilan dari masing-masing RT,”ujar Norawi.

Pejabat berkaca mata minus itu menuturkan perwakilan RT bisa dari unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan perwakilan petani serta tokoh yang sesuai dengan kondisi yang ada di wilayah masing-masing.

Karena pemilik hak suara merupakan perwakilan maka apabila diketahui oleh para calon hal tersebut menjadi potensi terjadinya pengkondisian untuk memenangkan salahsatu calon. Makanya nama-nama perwakilan tersebut harus benar-benar dijaga oleh para ketua RT, sehingga Rtnya harus netral, imbuhnhya.

“Setiap perkembangan kondisi di lapangan diharapkan dilaporkan secepatnya kepada kami agar hal-hal yang tidak diinginkan misalnya untuk condong ke salahsatu calon tidak terjadi,”jelas Norawi.

Agar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) desa Parangharjo berjalan lancar dan sukses, semua pihak diharapkan ikut terlibat melakukan pengawasan. Kemudian warga yang terlibat dalam kepanitiaan diharapkan mampu bersikap netral dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka agar pelaksanaan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.