Bertahan Dalam Pandemi Covid 19 ala Javanine Band Banyuwangi

by -599 Views
Javanine Band Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Bagi sebagian masyarakat Banyuwangi khususnya pecinta musik tentu tidak asing dengan nama  grup musik akuistik Javanine Band Banyuwangi. Dalam sejarahnya band ini merupakan kumpulan anak muda yang sebelumnya saling kenal sejak  mereka belajar SMA. Mereka pun duduk di bangku kuliah perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan mengikuti kompetisi band ataupun jaringan pemain band cafe-cafe.

Menurut Akbar, salahseorang personil Javanine Band Banyuwangi, adalah grup musik ala Gandrung akuistik yang  personilnya terdiri dari  7 orang pemain. Mereka adalah;  Anjar, Nanda, Rere (Vokalis,  Gitaris dipegang oleh Nanak, Amin pemain  Bass. Kemudian  Lana pemain Keyboard dan Akbar penggebuk  drum. Namun dalam pementasan tidak jarang berkolaborasi dengan musisi-musisi kota yang lain.

iklan aston

Pria berambut ikal itu menuturkan tidak ada arti dan makna pemilihan nama Javanine sebagai grup band yang bermarkas di kelurahan Boyolangu kecamatan Giri Banyuwangi itu. ”Pada dasarnya kami merupakan band entertaint atau penghibur sehingga lagu-lagu  yang dibawakan berbagai genre  mulai dari pop, rock, maupun lagu Banyuwangian serta lagu yang lagi hit baik campursari maupun dangdut  koplo,” jelasnya.

Alumni Smanta Banyuwangi itu menambahkan sampai saat belum meluncurkan single atau album lagu ciptaan sendiri, karena sementara fokus menjadi band entertaiment. Namun dalam beberapa kesempatan berusaha membantu aransemen musik lagu-lagu ciptaan sesama musisi Banyuwangi bagi single mereka.

Setelah beberapa tahun eksis dalam dunia hiburan di Banyuwangi, mewakili teman-temamnya dalam masa pandemi wabah Covid 19 target dan harapan mereka adalah semakin banyak job untuk manggung agar mendaptakan tambahan pendapatan. ”Karena kami terdiri dari bermacam latar belakang mulai dari murni hidup sebagai musisi, Even Organizer (EO), jurnalis dan guru/tenaga pendidik,” imbuh Akbar.

Sebagai grup band yang berada di ujung timur Pulau Jawa, Akbar memiliki penyanyi idola dan grup band papan atas Indonesia yang banyak memberikan inspirasi dalam bermusik mulai dari MUSE, Dewa 19, GIGI, maupun band-band yang lain.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.