Sempat Tidak Bisa Dilalui karena Ambrol Jembatan Tirto Taruno Dau Malang Kini Selesai Dikerjakan

by -203 Views
Jembatan Tirto Taruno sudah bisa dilalui kendaraan
iklan aston

Malang, seblang.com – Jembatan penghubung Tirto Taruno yang berada di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang yang ambrol dan ambles sejak Oktober 2023 lalu, kini bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) kabupaten Malang telah merampungkan pengerjaan perbaikan jembatan tersebut.

Menurut Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma kepada awak media, jembatan Tirto Taruno Landungsari sebelumnya sudah rusak parah sejak akhir 2023 lalu karena faktor usia

iklan aston

“Ada beberapa penyebab ambrol, seperti umur konstruksi yang memang sudah tua, beban lalu lintas yang tinggi, serta faktor cuaca seperti curah hujan yang sangat tinggi,” ungkap Khairul, Minggu (18/08/2024).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma

Khairul menjelaskan Jika Bupati Malang sebelumnya juga telah menginstruksikan agar segera dilakukan langkah-langkah strategis agar akses jalan ini tidak terputus dan keselamatan pengguna jalan tetap terjamin.

Semua pelaksanaan kegiatan yang ada di PUBM tidak lepas dari instruksi dan peran Bupati Malang dalam mengambil langkah strategis dan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat

“Respons cepat yang dilakukan DPUBM tidak lepas dari instruksi Bupati Malang agar segera dilakukan langkah strategis akses jalan tersebut tidak terputus lagi serta keselamatan pengguna jalan serta memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat,” imbuh Oong panggilan akrab Khairul Isnaidi Kusuma.

Awal Mei 2024 dilakukan penandatanganan kontrak dengan penyedia, kemudian dilakukan uitzet (pengukuran ulang dan koordinasi bersama di lapangan), “Agar kami, penyedia jasa konstruksi, dan konsultan saling sepaham tentang proses pelaksanaan pengerjaan proyek jembatan ini,” tandas Oong.

Sebelumnya, Kepala Desa Landungsari Asyarul Khakim menyampaikan jika nantinya jembatan tersebut rencananya akan diresmikan Bupati Malang saat acara bersih desa Landungsari.

“Insya Allah diresmikan bersamaan dengan acara bersih desa, tapi jadwalnya, belum bisa dipastikan,” tandas Khakim saat dihubungi awak media, Sabtu (17/08).

Khakim mengatakan, pascaambrol dan pelaksanaan perbaikan warga masyarakat sekitar untuk beraktivitas kerja maupun antar antar sekolah harus memutar agak jauh, namun kini setelah selesai perbaikan semuanya lancar tanpa ada kendala.

“Saat alami ambrol dan tidak bisa dilalui kendaraan, jika antar anak sekolah dan bekerja saya harus mutar jalan meskipun lokasi sekolahnya dekat, Allhamdulilah sekarang tidak perlu muter  jauh lagi, terima kasih kepada Pak Bupati, Pak Camat, dan Dinas Bina Marga kabupaten Malang yang sudah memperbaiki jembatan untuk kami,” tandasnya.

Sebelum dibuka, Forkopimcam Dau, Pemerintahan Desa Landungsari beserta warga masyarakat menggelar syukuran dan selamatan di atas jembatan Tirto Taruno semoga nantinya membawa manfaat bagi masyarakat

Pelaksanaan perbaikan jembatan Tirto Taruno yang menghabiskan anggaran kurang lebih 500 juta dengan melebarkan jembatan serta melakukan penguatan dan perbaikan struktur yang dengan masa pelaksanaan 180 hari.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.