Polres Tulungagung Mengapresiasi Aksi Sukarela Warga: 16 Tugu Pencak Silat Sudah Dibongkar

by -549 Views
iklan aston

Tulungagung, seblang.com – Perguruan pencak silat di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menunjukkan tindakan proaktif dengan membongkar simbol tugu pencak silat yang sebelumnya menjadi pemicu bentrokan antar perguruan. Sebanyak 16 tugu pencak silat telah sukarela dibongkar dan dialihfungsikan oleh warga setempat.

Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si, melalui Kasi Humas Iptu Mujiatno, mengungkapkan apresiasi tinggi terhadap inisiatif masyarakat dalam membongkar atau mengalihfungsikan tugu pencak silat demi kepentingan bersama.

iklan aston

“Polres Tulungagung mengucapkan terima kasih atas tindakan sukarela dalam membongkar tugu perguruan silat ini. Kami sangat mengapresiasi langkah tersebut,” ujar Kasihumas pada Senin (25/09/2023).

Iptu Mujiatno menjelaskan bahwa beberapa tugu telah dialihfungsikan menjadi tugu Pancasila, tugu moto satu desa, dan tugu desa wisata, yang pastinya akan mempercantik lingkungan sekitar.

Langkah ini sejalan dengan instruksi dari Surat Kesbangpol Provinsi Jawa Timur, sebagai upaya menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Tulungagung dan sekitarnya.

Masyarakat dihimbau untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas agar Tulungagung tetap aman dan kondusif, tanpa terjadinya konflik antar perguruan silat.

Mujiatno melaporkan bahwa hingga saat ini, sudah tercatat 16 Tugu Pencak Silat yang berhasil dibongkar di wilayah Kabupaten Tulungagung, meliputi 10 tugu milik PSHT, 3 tugu milik PN, 1 tugu milik IKSP, dan 2 tugu milik Cempaka Putih.

“Proses pembongkaran tugu pencak silat ini terus kami sosialisasikan sebagai bukti nyata dalam menjaga situasi keamanan, terutama di Kabupaten Tulungagung,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.