Ramp Door KMP Trisna Dwitya Patah, Truk Fuso Terjun ke Laut

by -940 Views
Truk Fuso bermuatan terigu yang tercebur ke laut akibat Ramp Door KMP Trisna Dwitya Patah.
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Truk Fuso bermuatan tepung tercebur ke laut saat hendak memasuki KMP Trisna Dwitya di Dermaga 2 Pelabuhan LCM Ketapang Banyuwangi, Kamis (9/3/2023).

Iwan, Sopir Truk bernasib nahas itu hanya bisa pasrah. Dirinya pun tak habis pikir bisa mengalami insiden tersebut.

iklan aston

“Insiden itu terjadi tiba tiba. Saya terkejut saat hendak masuk kapal ramp doornya patah, truk pun langsung tercebur. Ahamdulilah saya selamat karena segera keluar. Namun bahan bakar truk sudah keluar semua,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan, akibat insiden itu kondisi truk bernopol DK 8054 JW yang ia kendarai, mati total. Mesin truk kemasukkan air yang juga menyebabkan aki truk tak berfungsi.

“Truk mati total mas, karena lama terendam terlalu lama jadi kelistrikanya juga mati,” jelasnya.

Sementara itu General manager ASDP Ketapang M. Yasin menuturkan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, saat kondisi cuaca normal.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kami juga telah menerjunkan derek jangkung (Crane) untuk mengevakuasi truk,” kata M. Yasin.

M. Yasin juga menjelaskan, bahwa kerugian yang ditimbulkan atas peristiwa tersebut akan ditanggung asuransi, mulai perbaikan truk yang tercebur termasuk muatan.

“Asuransi yang akan menanggung, karena ini murni kecelakaan,” ujarnya.

Kesyabandaran pelabuhan ASDP Ketapang, Isani menuturkan bahwasanya penyebab pasti insiden tersebut masih dalam penyelidikan. Dirinya pun menegaskan jika kapal tersebut masih laik melaut.

“Itu patah melengkung, namun kapal tersebut laik layar. Ramp Doornya juga gak keropos. Mengapa bisa patah, kami masih menyelidikinya,” ujar Isani perwira pos jaga Kesyabandaran.

Dengan kejadian insiden tersebut. pelayanan penyeberangan ASDP Ketapang masih tetap berjalan normal. Berlangsungnya proses evakuasi kendaraan, kurang lebih selama lima jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.