Bea dan Cukai Musnahkan Ribuan Rokok Ilegal di Banyuwangi

by -696 Views
Wartawan: Andi Wimbo Sasono
Editor: Herry W. Sulaksono
Aparat Bea dan Cukai memusnahkan barang bukti (ist)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Banyuwangi, Jawa Timur memusnahkan ribuan rokok ilegal dan minuman beralkohol.

Tedy Himawan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Banyuwangi mengatakan, ada puluhan Surat Bukti Penindakan (SBP) dengan jumlah rokok ilegal yang dimusnahkan sebanyak 662.392 batang jenis sigaret kretek mesin dan 42,84 liter minuman yang mengandung etil alkohol, diperkirakan negara kehilangan pendapatan ratusan juta rupiah.

iklan aston

“Negara kehilangan pendapatan sekitar sebesar Rp357 juta dan Barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil penindakan yang telah dilakukan selama tahun 2021, ”  katanya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi terhadap sinergitas antarinstansi terkait, dalam mencegah peredaran rokok ilegal khususnya di Banyuwangi.

“Kami juga mengimbau masyarakat terutama kepada para pedagang untuk selalu waspada terhadap para sales yang menawarkan rokok dengan harga murah,bisa jadi rokok tersebut ilegal,” ujar Tedy,

Sementara itu, ia juga menyampaikan, jika apabila menemukan rokok ilegal dijual di kalangan masyarakat, masyarakat dapat langsung menginformasikan ke Bea Cukai Banyuwangi.

“Untuk semua , tidak perlu takut untuk melaporkan kepada kami, karena kami akan menjamin kerahasiaan identitas pelapor serta akan ada reward apabila informasi yang disampaikan akurat, ” katanya.

Tedy juga berharap masyarakat Kabupaten Banyuwangi semakin sadar untuk aktif berpartisipasi dalam pencegahan peredaran rokok ilegal yang dijual bebas di kalangan masyarakat serta menghindari konsumsi rokok ilegal.

“Peredaran dan konsumsi rokok ilegal ini tak hanya menimbulkan potensi pendapatan negara hilang, namun juga dapat membahayakan kesehatan bagi konsumennya, “ujarnya.

Tedy juga mengajak semua elemen masyarakat, Untuk selalu mengawasi peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal tersebut.

“Mari kita awasi bersama , terutama terhadap anak di bawah umur, dengan harga murah bisa saja anak anak ini dapat membeli, jadi jangan lengah, mari kita gempur rokok ilegal, ” ujarnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.