Bupati Ipuk Salurkan BLT DBHCT Rp 4,4 M untuk 2.450 KPM, Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Pabrik dan Tani Tembakau di Banyuwangi

by -160 Views
Bupati Ipuk Banyuwangi saat salurkan BLT DBHCHT secara simbolis di Muncar
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) senilai Rp4,41 miliar kepada 2.450 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Langkah ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang terkait dengan industri tembakau.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menjelaskan bahwa setiap KPM akan menerima total Rp1,8 juta per tahun. “Dana tersebut akan dicairkan dalam empat termin, atau setiap tiga bulan sekali,” ujar Bupati Ipuk saat menyerahkan BLT DBHCT secara simbolis kepada perwakilan penerima di Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Senin (29/7/2024) lalu.

iklan aston

BLT ini ditujukan untuk dua kelompok sasaran: buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau. Setiap pencairan, masing-masing KPM menerima Rp450.000 untuk periode tiga bulan. “Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan keluarga,” pesan Ipuk.

Selain BLT, Ipuk menekankan bahwa DBHCT juga dialokasikan untuk pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi warga miskin. “Tahun ini, kami menambah Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) JKN KIS untuk warga kurang mampu. Tujuan kami adalah memastikan seluruh masyarakat semakin sehat, sejahtera, dan dapat mengakses layanan yang mereka butuhkan, khususnya layanan kesehatan,” jelas Ipuk.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB, Henik Setyorini, merinci bahwa dari 2.450 penerima manfaat, 300 orang adalah buruh pabrik rokok dan 2.150 orang merupakan buruh tani tembakau. “Data penerima ini kami peroleh dari Dinas Pertanian dan Dinas Tenaga Kerja. Kami yakin data tersebut valid dan tepat sasaran,” tegas Henik.

Henik menambahkan bahwa pencairan kali ini merupakan termin kedua untuk periode April-Juni 2024. Penyaluran dilakukan secara non-tunai melalui virtual account yang diinformasikan oleh pihak desa dan kelurahan setempat. “Para penerima dapat mencairkan bantuan di Bank Jatim terdekat dengan membawa KTP dan informasi virtual account yang telah mereka terima,” tutup Henik.

Dengan penyaluran BLT DBHCT ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berharap dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya mereka yang terkait dengan industri tembakau, sekaligus memperluas akses terhadap layanan kesehatan bagi warga kurang mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.