Masyarakat Kabupaten Madiun Antusias Hadiri Pembukaan SEPASMA di Alun-Alun Reksogati Caruban

by -148 Views
Pj Bupati Madiun (Tengah) saat menandatangi MOU dalam pembukaan Spasma tahun 2024 Foto : Puguh/seblang.com
Girl in a jacket

Madiun, seblang.com – Penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto didampingi forkopimda, pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur membuka Sepasma (Sepasar Ing Madiun) tahun 2024 di Alun-Alun Reksogati, Mejayan Kabupaten Madiun, Rabu malam (10/7). Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan kentongan.

Selain itu, Pj Bupati Madiun juga melaunching  Aplikasi Website Desa Wisata Kare dengan menempelkan telapak tangan pada touch sreen. Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Madiun dengan ISI Yogyakarta, penyerahan sertifikat ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) dan MATA (Kabupaten Madiun Tourism Award), serta penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang lomba desa wisata.

iklan aston

Pj Sekda Kabupaten Madiun Sodik Hery Purnomo nampak hadir dalam kegiatan, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Madiun,Evi Martiani Tontro, Rektor ISI (Institut Seni Indonesia) Jogjakarta, staf ahli bupati, asisten Sekda, Perwakilan BI, Bank Jatim, Bank Mandiri, BUMD, pimpinan OPD dan para camat. Acara yang berlangsung juga dimeriahkan penampilan tari kontemporer, panggung hiburan yang mendatangkan artis dangdut dari Jawa Timur, Shinta Arshinta.

Cukup banyak kegiatan yang mewarnai peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun yang dimulai tanggal 29 Juni sampai 30 Juli lalu, salah satunya Sepasma (Sepasar Ing Madiun), juga ziarah ke makam Bupati pendahulu, olahraga, khitan massal, seni budaya tradisional, pagelaran wayang kulit, gelar produk UMKM, panggung hiburan dan masih banyak lagi.

Sepasma yang mengusung konsep ‘Caruban Jadul’ (jaman dulu) ini sangat meriah, karena tidak saja dihadiri pejabat yang mengenakan jarik, baju lurik Jogja dan blangkon, namun ribuan masyarakat ikut ambil bagian menyaksikan meriahnya peringatan hari jadi Kabupaten Madiun yang mengambil tema Terus Bergerak Untuk Kabupaten Madiun Maju.

Di sisi lain, kegiatan ini juga memberikan berkah tersendiri bagi ratusan UMKM yang membuka stand menjajakan aneka macam makanan, minuman dan kerajinan tangan. Bahkan Bupati Madiun didampingi istri, Rektor ISI dan pejabat forkopimda meninjau stand UMKM.

Pj Bupati Madiun menyambut baik kegiatan Sepasma yang mengusung konsep Caruban Jadul, sehingga dirinya berharap kedepan bisa mengusung konsep baru yang lebih menarik lagi. Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kegiatan ini yang melibatkan orang banyak, serta UMKM yang bisa mengais rezeki dengan menjajakan dagangannya.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.