Tingkatkan Kesejahteraan Warga Miskin di Banyuwangi, Ipuk Geber Program Bedah Rumah

by -1251 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus menggalakkan berbagai program penanganan kemiskinan. Salah satu program unggulan adalah Bedah Rumah, yang bertujuan merenovasi rumah warga pra sejahtera.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menerangkan bahwa program bedah rumah tak layak huni (RTLH) ini dilaksanakan melalui skema gotong royong yang melibatkan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah kabupaten, pemerintah desa, sektor swasta, hingga dukungan dari pemerintah pusat.

iklan aston

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terus bersinergi, yang bersama-sama, bergotong royong membantu warga Banyuwangi. Terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi,” ujar Bupati Ipuk.

Lebih lanjut, Ipuk menjelaskan bahwa program ini tidak hanya menyediakan rumah layak huni (RLH), tetapi juga memperhatikan aspek kesehatan dengan meningkatkan sirkulasi udara dan akses air bersih. “Jadi rumah tinggal masyarakat tidak hanya nyaman namun juga lebih sehat,” tambahnya.

Dalam implementasinya, Bupati Ipuk mewajibkan setiap Kepala Desa untuk mengalokasikan anggaran bedah rumah, baik melalui Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD). “Setiap tahun mereka berkewajiban untuk melakukan renovasi bedah rumah warga miskinnya,” tegas Ipuk saat mengunjungi rumah Boimin, salah satu penerima program di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran.

Ahmad Faishol, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Banyuwangi, melaporkan bahwa pada tahun 2023, pemerintah desa telah melakukan bedah rumah sebanyak 390 unit. “Dananya bersumber dari DD dan ADD. Tahun 2024 ini juga dialokasikan bedah rumah dari pemerintah desa, selain dari pemkab juga dan sinergis berbagai pihak,” jelasnya.

Faishol menambahkan, sepanjang tahun 2023, lebih dari 1.300 rumah tidak layak huni di Banyuwangi telah direnovasi. Program ini terlaksana berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah kabupaten, pemerintah desa, dan pihak-pihak lainnya.

Program Bedah Rumah ini merupakan salah satu upaya konkret Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi warga pra sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.