Buah Naga Kuning Banyuwangi Jadi Primadona, Harga Capai Rp 50.000 per Kg

by -2910 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Banyuwangi kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu sentra pemasok buah naga terbesar di Indonesia dengan mengembangkan varietas baru, yakni buah naga kuning. Varietas ini kini menjadi primadona dan banyak diburu konsumen karena rasanya yang unik dan penampilannya yang eksotis.

Mulyadi, petani dari Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, adalah salah satu pionir yang sukses mengembangkan buah naga kuning varietas Golden Isis. “Harganya cukup tinggi, saat ini di pasaran sudah mencapai Rp 50.000 per kilogram. Sementara buah naga merah di bawahnya,” ungkap Mulyadi saat dikunjungi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (25/6/2024).

iklan aston

Keunikan buah naga Golden Isis terletak pada rasanya yang merupakan perpaduan antara buah anggur dan leci, serta penampilannya yang eksotis dengan kulit berwarna kuning keemasan. Hal ini menjadikannya incaran banyak konsumen, terutama pasar modern.

Mulyadi menyatakan bahwa dalam waktu 1,5 tahun masa tanam, dia telah melakukan panen sebanyak 7 kali dengan hasil mencapai 2 ton. “80 persen hasil panen kami dipasok ke supermarket di wilayah Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta,” tambahnya.

Bupati Ipuk Fiestiandani menyambut baik inisiatif para petani dalam mengembangkan varietas baru ini. “Kita memang harus jeli melihat peluang pasar. Selain memperkaya potensi pertanian daerah, ini juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani karena harganya yang tinggi,” ujar Ipuk.

Saat ini, tak kurang dari 2,5 hektar lahan di Kecamatan Pesanggaran telah ditanami buah naga kuning. Selain di Pesanggaran, pengembangan buah naga kuning juga dilakukan di beberapa kecamatan lain di Banyuwangi, seperti Muncar, Giri, dan Gambiran.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendukung pengembangan komoditas ini melalui berbagai program, termasuk pendampingan intensif oleh tenaga penyuluh pertanian, bantuan pupuk, pelatihan sambung pucuk, hingga bantuan bibit.

Dengan potensi yang menjanjikan ini, buah naga kuning Banyuwangi diharapkan dapat semakin memperkuat posisi kabupaten ini sebagai salah satu sentra produksi buah naga terkemuka di Indonesia.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.