Puncak Peringatan HAN 2024, Bupati Blitar: Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini sangat Penting

by -478 Views
iklan aston

Blitar, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti anak-anak PAUD dan TK se-Kabupaten Blitar. Dalam rangka puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024, HUT Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Blitar ke-74 dan Launching Program Bunda Salud 2024. Acara dibuka dan diresmikan oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Kegiatan yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro, pada Jumat (14/06/2024) tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, asisten, staf ahli, para guru PAUD/TK, wali murid, dan anak-anak dari berbagai PAUD dan TK se-Kabupaten Blitar.

iklan aston

Mengawali sambutannya, Bupati Rini Syarifah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Apresiasi juga ia berikan atas semangat anak-anak yang mengikuti lomba dan dukungan penuh dari para guru serta orang tua.

“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, tumpuan harapan dan cita-cita bangsa. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita sebagai orang dewasa memberikan perhatian dan kasih sayang yang penuh kepada mereka, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, pendidikan karakter sejak usia dini sangat penting, bahwa karakter positif, seperti budaya antri, sopan santun, disiplin waktu, akhlak dasar, dan rasa saling mengasihi, harus mulai dikenalkan kepada anak-anak sejak dini.

Selain itu, pada peringatan Hari Anak Nasional ini, bupati berharap tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga momentum untuk meneguhkan komitmen dalam melindungi hak-hak anak dan mewujudkan kesejahteraan mereka.

“Kabupaten Blitar terus berkomitmen untuk menjadi kabupaten yang ramah dan layak anak, ini terbukti dengan penghargaan yang telah kita terima dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)” ungkap Rini Syarifah.

Pada kesempatannya, Bupati Rini juga memperkenalkan program Bunda Salud (Sadar Lalu Lintas Usia Dini) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas di kalangan anak-anak. Program ini diharapkan dapat membantu anak-anak memahami aturan lalu lintas sejak dini dan menciptakan lingkungan yang aman bagi mereka.

“Untuk mendukung anak supaya nyaman dan aman di jalan raya, kita hadirkan program Bunda Salud. Dalam program ini, anak-anak dapat memahami tentang keselamatan di jalan raya dan pengenalan aturan lalu lintas sejak dini,” jelasnya.

Bupati juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-74 kepada keluarga besar IGTKI Kabupaten Blitar. Dirinya menyebut, peran penting IGTKI dalam mencerdaskan dan membangun karakter anak bangsa, dan diharapkan organisasi ini terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Terakhir, ia berpesan kepada para orang tua untuk terus menjalin komunikasi dengan para guru dan memantau perkembangan putra-putri mereka. Ia mengimbau agar selama liburan sekolah, anak-anak dijauhkan dari gadget dan dialihkan ke kegiatan positif, serta dipersiapkan untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (adv/kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.