Diskoperindag Situbondo Akan Adakan Kegiatan Bimtek IKM Tembakau 2024

by -3160 Views
Edy Wiyono Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Pemkab Situbondo melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat bakal mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dan pengembangan industri hasil tembakau kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) tembakau.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edy Wiyono mengatakan, Bimtek tersebut bertujuan untuk bagaimana pelaku IKM tembakau bisa memproduksi rokok sendiri secara legal. Sehingga peredaran rokok ilegal di Kabupaten Situbondo bisa diputus.

“Ada belasan IKM tembakau yang akan menjadi peserta Bimtek. Dan kami mengundang sejumlah narasumber yang kompeten di bidang tersebut,” ujarnya, Selasa, (30/6/2024).

Menurutnya, Bimtek IKM tembakau ini menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2024. “Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan alokasi DBHCHT sekitar Rp1,3 miliar. Kami perhubungan salah satunya untuk Bimtek IKM tembakau,” tegasnya.

Edy menjelaskan, narasumber dalam Bimtek IKM tembakau itu di antaranya dari UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Lembaga Tembakau Jember, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Jember dan lainnya.

“Tetapi saat ini masih dalam tahap perencanaan. Untuk pelaksanaannya sendiri Insya Allah pada bulan Agustus ini,” pungkasnya. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.