Masyarakat Antusias Saksikan Pentas Seni di Lapangan Glagah Banyuwangi 

by -2886 Views
Tari Sorote Lintang yang ditampilkan oleh Karang Taruna desa Glagah Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 52 dan Soft Launching Desa Tematik Kabupaten Banyuwangi tahun 2024 oleh Bupati Ipuk Fiestiandani di Lapangan desa Olehsari kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (21/5/2024) berlangsung dengan aman lancar dan sukses.

Selain diisi dengan pameran aneka ragam produk unggulan masing-masing desa juga digelar pementasan seni budaya yang dibawakan oleh pelajar, karang taruna dan pelaku seni kecamatan Glagah..

--

Menurut Camat Glagah Sri Widiyanto, pementasan seni budaya di lapangan Glagah antara lain menampilkan; Seni Barong Prejeng yang dibawakan oleh anak-anak usia SD / SMP desa Kemiren.

Selanjutnya Karang Taruna desa Glagah membawakan Tari Sorote Lintang dan penampilan oleh Sanggar Tari Layar Kumendung dari desa Olehsari yang menampilkan dramatari Kisah Sri Tanjung Sidapeksa.

Desa Olehsari, yang merupakan “Kampung Budaya” salah satu desa tematik di wilayah kecamatan yang menjadi penyangga kawasan wisata Gunung Ijen Banyuwangi.

Dia menuturkan Kisah Sri Tanjung Sidapeksa merupakan cerita rakyat tentang asal usul Banyuwangi yang didalamnya terdapat nilai moral dan kepercayaan.” Legenda tersebut menginspirasi berbagai seni dan tradisi masyarakat sekitar. Cerita ini mengajarkan kepada kita untuk lebih tidak mempercayai orang lain dan agar tidak menuduh seseorang dengan mencari bukti yang kuat terlebih dahulu,”jelasnya.

Selanjutnya Sri Widiyanto mengungkapkan dengan adanya program desa tematik diharapkan lebih memudahkan kontrol dan pengawasan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi progam serta mewujudkan karakter desa sesuai dengan potensi dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pementasan seni budaya yang melibatkan anak-anak pelajar, karang taruna dan pelaku seni budaya di lapangan Glagah mampu menghibur Forkopimcam, para Kades/ Lurah dan masyarakat yang antusias yang menyaksikan pertunjukan seni budaya Banyuwangi sampai selesai.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi, Ahmad Faishol, menyatakan berbeda dengan pelaksanaan BBGRM dan HKG PKK sebelumnya, pelaksanaan kali ini dibarengkan dengan Soft Launching Desa Tematik Kabupaten Banyuwangi dengan harapan lebih memberdayakan desa dalam menggali potensinya.

”Sehingga dapat mengenal potensi yang ada dengan dibantu teman-teman SKPD terkait dengan program-program secara masif dan berkesinambungan nantinya akan membentuk desa tematik yang menjadi percontohan desa yang lain,” ujar Faisol.

Dia mencontohkan dalam program desa tematik tahap awal antara lain; Kampung Budaya(desa Olehsari) Desa Kuliner (desa Glagah) Rumah Desa Sehat desa Karangrejo kecamatan Blimbingsari, Desa Tanggap Tangguh Bencana desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran.

“Sebagai contoh intervensi SKPD adalah pelatihan langkah dan penanganan gawat daruratnya bagaimana ? tahun ini kami menunjuk 25 desa untuk menjadi proyek percontohan desa tematik,” pungkas Faishol./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.