Wujudkan Mudik Ceria Penuh Makna: Polisi di Kota Malang Rutin Patroli Rumah Kosong

by -2235 Views
Girl in a jacket

Kota Malang, seblang.com – Polresta Malang Kota gencar melaksanakan kegiatan patroli rumah kosong selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H guna mencegah tindak pencurian. Patroli ini dipimpin oleh Satuan Samapta Polresta Malang Kota bersama anggota Polsek di bawahnya.

Kompol Wiwin Rusli, Kasat Samapta Polresta Malang Kota, mengungkapkan bahwa patroli ini bertujuan untuk memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan pemiliknya saat mudik.

“Patroli ini adalah tindak lanjut dari instruksi Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, untuk melaksanakan patroli secara berkala demi pelayanan keamanan kepada masyarakat,” kata Kompol Wiwin pada Sabtu (13/04/2024).

Menurutnya, patroli terhadap rumah kosong dilakukan dengan jadwal yang ditentukan.

“Pelaksanaan patroli dilakukan secara acak untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan terutama pencurian di rumah yang ditinggal pemiliknya untuk mudik lebaran,” jelas Kompol Wiwin.

Dalam kegiatan patroli ini, petugas juga berkoordinasi dengan penjaga perumahan dan Linmas setempat.

“Kami mengimbau kepada petugas keamanan setempat untuk memantau dan melaporkan situasi, terutama saat berganti shift,” tambahnya.

Kompol Wiwin juga mengingatkan bahwa sebelumnya Polresta Malang Kota telah mengajak masyarakat yang akan mudik untuk melapor ke RT/RW setempat.

“Masyarakat juga dapat menitipkan kendaraan atau barang berharga di Polresta Malang Kota atau Polsek terdekat,” ungkap Kompol Wiwin.

Lebih lanjut, Kompol Wiwin menjelaskan bahwa patroli rumah kosong ini merupakan bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2024 yang sedang berlangsung.

Diharapkan upaya maksimal dalam patroli ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang mudik Lebaran, sehingga tercipta suasana mudik ceria dan bermakna bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.