Sarasehan Ormas dan Media Bakesbangpol Banyuwangi Terkesan Tebang Pilih

by -232 Views
Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi Agus
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com Bakesbangpol Banyuwangi seharusnya dapat merangkul seluruh organisasi, namun malah memecah belah elemen masyarakat di Bumi Blambangan.

Hal tersebut terlihat saat pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan dan Pembinaan Ormas (Sarasehan Ormas dan Media) di Aula Dinas Pendidikan Banyuwangi pada Rabu (3/4/2024). Tidak semua organisasi wartawan dan ormas diundang.

--

” Saya kecewa dengan Bakesbangpol di bawah pimpinan Plt. Agus. Sarasehan Ormas dan Media seharusnya bisa menyatukan, namun malah mengotak-ngotak,” kata Penasehat DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Banyuwangi, Muhibut, yang juga salah satu wartawan senior.

Menurutnya, tidak semua organisasi wartawan dan ormas di Banyuwangi mendapat undangan dalam acara tersebut. “Padahal sejak 2015, pimpinan Bakesbangpol terdahulu selalu merangkul seluruh organisasi wartawan dan ormas untuk bersama-sama membangun Banyuwangi,” ujarnya.

Ironisnya, kata Muhibut, bagi wartawan dan LSM yang hadir dalam acara tersebut, harus menunjukkan undangan. “Jika tidak, mereka akan pulang dengan tangan hampa. Tanpa uang transportasi, yang mana anggarannya dari uang rakyat yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyuwangi,” ujar Muhibut.

Tetapi, kata Muhibut, itu bukanlah masalah utamanya. “Ini masalah diduga adanya tebang pilih dan upaya mengotak-ngotak organisasi karena sarat kepentingan. Ini bahaya, sebab bisa memecah belah elemen masyarakat di Banyuwangi,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Agus, meminta maaf atas problematika tersebut. Menurutnya, saat rapat sebelum hari pelaksanaan acara, pihaknya sudah mengundang pentolan-pentolan media dan LSM.

“Semuanya bilang sudah cukup, terlepas dari anggaran yang terbatas,” kata Agus.

Meski begitu, pihaknya berjanji akan mengevaluasi untuk acara serupa kedepannya, yang dapat mewakili seluruh organisasi media dan ormas di Banyuwangi, demi merajut harmoni menuju Banyuwangi yang maju dan berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.