Takmir Masjid AlFalah Kepatihan Banyuwangi Gelar Kegiatan Menggapai Malam Laillatul Qodar

by -45 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Takmir Masjid AlFalah lingkungan Ujung Kelurahan Kepatihan Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadan (khususnya malam ganjil) menggelar kegiatan “Menggapai Malam Laillatul Qodar” dengan Pengajian dan Salat Tasbih serta makan sahur bersama.

Menurut Sekretaris Takmir Masjid AlFalah Lingkungan Ujung kelurahan Kepatihan Banyuwangi, Sudarmin, pelaksanaan Iktikaf, Salat Tasbih dan makan sahur bersama merupakan yang ketiga kali sejak masjid yang ada di kawasan Segi Tiga Berlian dekat Pantai Boom Banyuwangi tersebut selesai direnovasi.

Dia menuturkan sebelumnya warga setempat apabila ingin menjalankan ibadah sunah Iktikaf dan salat tasbih harus ke Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi.

”Sebelumnya warga Kampung Ujung kalau ingin Iktikaf dan Salat Tasbih harus ke Baiturrahman. Namun setelah masjid selesai direnovasi sekitar 2022 takmir dan jamaah sepakat untuk melaksanakan Salat Tasbih yang dirangkai dengan makan sahur bersama,” ujar pria yang akrab disapa Darmin pada Sabtu (30/3/2024).

Selanjutnya dia menambahkan pelaksanaan rangkaian kegiatan“Menggapai Malam Laillatul Qodar” dengan Pengajian dan Salat Tasbih di Masjid Al Falah dimulai pada pukul 23.00. Adapun kegiatanya antara laian; melantunkan Shalawat Nabi yang diiringi Zahir Mania, Salat Tasbih Berjamaah, Tausiah oleh Habib dan Kyai dan Penutup Mahallul Qiyam serta dilanjutnya sahur bersama.

“Pada tahun ini Takmir Masjid AlFalah menghadirkan Habib Abdurrahman Al Jufri dan Ustadz Ulil Albab dalam “Menggapai Malam Laillatul Qodar” dengan Pengajian dan Salat Tasbih serta makan sahur bersama,” imbuh Darmin.

Dalam akhir bulan Ramadan, lanjut dia Takmir masjid juga membentuk Panitia pengumpulan Zakat Fitrah yang hasilnya nanti akan dibagikan kepada 167 duafa yang ada di lingkungan masjid. Apabila lebih akan dibagikan kepada warga yang tidak masuk kategori duafa tetapi dinilai masih membutuhkan.

Lebih lanjut Darmin mengungkapkan sama dengan umat Islam lain di Banyuwangi, rangkaian kegiatan Ramadan dimulai dengan Nisfu Sya’ban. Kemudian dilanjutkan dengan penampan bulan Ramadan dengan kegiatan selamatan kampung dan pemberian santunan 50 anak yatim.

Selama bulan Ramadan Takmir Masjid AlFalah menyiapkan 50 porsi makanan takjil dengan menu; kolak, petola, es blewah dan lain sebagainya. “Tidak jarang warga sekitar dengan sukarela juga menyiapkan menu takjil bagi umat muslim yang ikut Salat Magrib berjamaah,” tambah Darmin.

Kemudian ada kegiatan Tarawih dan Tadarus Alquran setelahnya, serta dilanjutkan setelah salat subuh. Sepuluh hari terakhir pada malam ganjil digelar kegiatan“Menggapai Malam Laillatul Qodar” dengan Pengajian dan Salat Tasbih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.