Lima Puluh Satu Peserta Ikuti OKK PWI Jatim Angkatan XIV di Ruang Rapat Khusus DPRD Banyuwangi

by -48 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Jajaran pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Banyuwangi diharapkan mampu menjadi klarifikator informasi bagi masyarakat dalam dirupsi informasi dan era media sosial.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Timur (Jatim) Mahmud Suhermono dalam acara Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Jatim Angkatan XIV di Ruang Rapat Khusus DPRD Banyuwangi pada Jumat (29/3/2024)

Menurut Mahmud, perkembangan teknologi informasi telah menghantarkan masyarakat memasuki era disrupsi informasi.Lewat berbagai aplikasi berbasis internet hadir jutaan informasi dalam satu menit. Saat ini, dengan perangkat canggih tersebut, siapapun dapat memproduksi informasi, melakukan edit atau mereproduksi, serta menyebarkan informasi.

Salah satu tugas PWI adalah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait perbedaan informasi dan berita. Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banyuwangi 2024 ini tidak menutup kemungkinan akan beredar informasi yang berpotensi mengakibatkan kegaduhan di masyarakat.

Mahmud mengatakan, bahwa PWI adalah organisasi profesi yang tugas utamanya meningkatkan kualitas target profesi. Yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat lewat pemberitaan.

“PWI diharapkan mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi masyarakat, antara lain berkolaborasi dan bekerjasama dengan Kepala Sekolah (KS) dan para Kepala Desa (Kades) agar mampu membedakan media pers dan non pers,” ujar Mahmud.

Dalam kesempatan tersebut dia memaparkan beberapa materi mendasar tetapi sangat penting untuk diketahui wartawan dalam menjalankan profesinya. Materi yang disampaikan antara lain; Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga, Kode Etik Jurnalistik, dan Kode Perilaku Wartawan PWI Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia di Bandung, 25-26 September 2023 dan Perpres nomor 32 Tahun 2024

Dalam acara OKK PWI Kabupaten Banyuwangi yang juga diikuti oleh wartawan dari Jember dan Situbondo, Mahmud didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Pendampingan Hukum M Sholahuddin yang memberikan materi “Komitmen Profesi dan Berorganisasi”.

Sementara Ketua PWI kabupaten Banyuwangi, Budi Wiriyanto mengungkapkan program OKK PWI Jatim dilaksanakan sampai dengan Angkatan XIV. Tetapi untuk kabupaten Banyuwangi merupakan yang pertama diadakan.

Menurut dia pelaksanaan OKK PWI Jatim di Banyuwangi diikuti olej 51 peserta dari Banyuwangi, Jember dan Situbondo.

“Terima kasih jajaran panitia pelaksana dan semua pihak yang mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan yang pertama,” ujar Budi.i

Dia berharap para peserta OKK mampu mengikuti acara dengan baik yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan profesionalisme dalam menjalani profesi wartawan di Banyuwangi.

Dalam pelaksanaan OKK PWI Jatim di Banyuwangi sebelum mendapatkan materi peserta melakukan pre test menjawab 20 soal dalam 10 menit. Kemudian setelah mendapatkan materi peserta mengikuti post test dengan durasi waktu yang sama.

Selesai acara sebelum acara buka bersama para peserta mendapatkan sertifikat yang menjadi salahsatu syarat untuk mengurus perpanjangan kartu PWI yang masa berlaku rata-rata habis tahun ini.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.