Ungkapkan Terima Kasih Pemkab Banyuwangi Bagi Penjaga Warisan Seni dan Budaya

by -565 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memberikan apresiasi dan taliasih kepada para seniman, budayawan dan pelaku jasa wisata yang dinilai memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mendukung pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata di kota Gandrung di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Banyuwangi pada Selasa (26/3/2024).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyerahkan secara langsung taliasih tersebut kepada seratus seniman, budayawan dan pelaku jasa wisata di kota yang dikenal serpihan tanah sorga di ujung timur Pulau Jawa.

Bupati Ipuk mengungkapkan bantuan taliasih yang diberikan merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Banyuwangi dalam mendukung pembangunan dan pengembangan bidang seni dan budaya.

“Ini bentuk komitmen pemkab dengan pelaku seni dan budaya agar sama-sama bisa menikmati hasil pertumbuhan pembangunan khususnya dalam bidang pariwisata, seni dan budaya,” ujar Bupati Ipuk.

Seni dan budaya tradisional khas Banyuwangi mampu bertahan karena semangat dan kerja keras para pelaku seni dalam memelihara, menjaga dan melestarikan warisan luhur dari nenek moyang. Seniman dan budayawan juga memiliki andil dalam nguri-uri tradisi, adat istiadat, seni dan budaya Banyuwangi.

“Berkat seniman dan budayawan anak-anak Banyuwangi bisa memiliki andil dan berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan seni dan budaya,” imbuh BupatiIpuk.

Secara khusus bupati kelahiran Magelang itu mengingatkan pentingnya regenerasi dengan harapan agar seni budaya lokal tidak hilang karena tergerus oleh gencarnya budaya luar yang masuk ke Banyuwangi dalam era digital saat ini.

Maraknya investasi dan pengembangan sektor pariwisata di Banyuwangi menjadi sarana yang ampuh bagi keluar masuknya kebudayaan.”Maka kalau seniman dan budayawan tidak mengantisipasi hal itu tentu akan tergerus oleh budaya yang dibawa oleh orang luar kabupaten Banyuwangi maupun dari manca negara,” tambah Bupati Ipuk.

Sementara Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Banyuwangi Taufik Rohman mengungkapkan, tali asih yang diberikan kepada seniman budayawan dan pelaku jasa wisata sebesar Rp. 500 ribu masing-masing orang.

Dia menuturkan setiap tahun pemerintah secara rutin menyerahkan tali asih dalam momen Ramadan. Tali asih yang diberikan merupakan bentuk apresiasi atas semangat dan kerja keras para seniman dan budayawan dalam membangun mengembangkan dan melestarikan adat tradisi dan seni budaya di Banyuwangi.

“Kekayaan kesenian dan kebudayaan yang kita miliki inilah yang bisa membuat wisata di Banyuwangi bisa tumbuh dan berkembang seperti sekarang,” ujar Taufik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.