Jaga Keberlanjutan Sumber Daya Perikanan, Bupati Banyuwangi Tebar 2000 Ekor Benih Ikan Tawes di Desa Bumiharjo

by -89 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menebar benih ikan saat menjalankan program Bunga Desa di Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Kamis (21/03/2024).

Kegiatan penebaran benih ikan tawes ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan di Kabupaten Banyuwangi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Sebanyak 2000 ekor benih ikan tawes kita sebar di Desa Bumiharjo yang masih asri ini,” kata Ipuk.

Ipuk menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan sektor perikanan di Banyuwangi. “Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap dapat meningkatkan produksi perikanan lokal dan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat desa,” ujar Ipuk.

Dalam program Bunga Desa tersebut, Bupati Ipuk juga mengangkat potensi pertanian budidaya alpukat di Desa Bumiharjo. Ipuk juga meninjau sentra pertanian selada air. Desa ini merupakan sentra produksi selada air, dengan luasan total sebanyak 3 hektare.

Di setiap Bunga Desa, Ipuk selalu menyempatkan mengunjungi sekolah. Ipuk mengunjungi SDN 2 Bumiharjo, untuk memberikan workshop berkaitan dengan pendidikan. Mulai dari parenting, wawasan kebangsaan, hingga pencegahan akan tiga dosa besar pendidikan yang meliputi bullying, kekerasan dan intoleransi.

“Tiga dosa besar ini akan terus kami sampaikan agar jangan sampai terjadi pada anak-anak kita. Sasaran dari dari program ini tidak hanya pelajar dan guru, tapi juga anggota komite sekolah yang merupakan para wali murid. Dengan demikian penanganan ini bisa komprehensif,” papar Ipuk.

Selama berkantor di desa, juga diselenggarakan layanan publik, seperti administrasi kependudukan, perizinan usaha mikro berbasis OSS, perpajakan hingga tes kesehatan, konseling, pelatihan UMKM, dan lainnya. Kali ini di balai desa tersebut juga digelar pasar murah beras.

Saat Bunga Desa di Bumiharjo, Ipuk sekaligus menggelar melakukan Safari Ramadan, sebagai momentum silaturahmi dengan tokoh agama dan masyarakat. Ipuk berbuka puasa dengan masyarakat Desa Bumiharjo di masjid Al Khoiriyah. Dalam kesempatan tersebut Ipuk memaparkan berbagai capaian dan program-program Banyuwangi ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.