Staff Khusus Presiden RI Tampung Aspirasi Mahasiswa Difabel di Jember yang Minta Hak Kesetaraan

by -442 Views
Billy Mambrasar
Girl in a jacket

Jember, seblang.com – Staff Khusus Presiden RI Gracia Billy Mambrasar melakukan audiensi bersama dengan ratusan mahasiswa.

Kegiatan tersebut, bertempat di Aula Universitas Argopuro (UNIPAR) Jember dengan Tema Seminar ‘Pendidikan dan Ekonomi Kreatif’, Selasa (6/2/2024).

iklan aston

Dalam gelaran tersebut, pihaknya menampung aspirasi dari salah satu mahasiswa penyandang disabilitas. Terkait dengan akses kerja di sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak ramah difabel.

“Tadi kami mendapat curhatan dari teman-teman disabilitas jember. Mereka merasa aksesnya saat bekerja di sektor BUMN seperti dibatasi,” ucap Billy saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai gelaran seminar.

Sehingga, kata Billy, aspirasi tersebut akan diteruskan dan dikoordinasikan dengan Kementerian BUMN.

“Nah ini akan kami sampaikan langsung kepada Menteri BUMN dan juga salah satu (anak) perusahaannya. Sebagaimana anak jember yang telah menyampaikan aspirasi, dia gagal dalam test dalam meminta klarifikasi,” ungkapnya.

“Dan responnya akan kami sampaikan kembali kepda yang bersangkutan,” imbuhnya.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 67 tahun 2020. Tentang syarat dan tata cara pemberian penghargaan dalam penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Itu perintahnya sudah jelas, harus ada alokasi khusus di sektor tenaga kerja maupun beasiswa untuk anak-anak disabilitas. Sehingga presiden langsung membentuk satu task force khusus, yang memonitor apabila ada yang tidak memenuhi komitmen itu akan langsung diberikan teguran oleh presiden. Itu langsung dipantau oleh beliau,” ulas Billy.

Sehingga, pihaknya mendapat tugas khusus dari Presiden RI untuk turun langsung berkeliling dan monitoring seluruh Indonesia. Supaya kuota bagi penyandang disabilitas tersebut dapat terpenuhi.

“Makanya tugas saya sebagai staff khusus turun langsung. Ternyata kami mendengar informasi di bawah masih ada masalah. Itu akan kami sampaikan ke bapak, karena kan banyak kesibukan, makanya beliau mengirimkan timnya untuk langsung bergerak dan mengecek,” tutupnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.