Ikut Kerja Bakti Gelontor Waled, Kadis PU Pengairan Banyuwangi Main Lumpur dan Makan Bareng Dengarkan Curhatan Petani

by -1412 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com –  Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Ir. Guntur Priambodo, menunjukkan semangat kebersamaan dengan turut serta dalam kegiatan kerja bakti gelontor waled di BP 2 Daerah Irigasi Porolinggo, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Senin (29/1/2024).

Bersama ratusan Masyarakat Petani Hippa (Himpunan Petani Pemakai Air) setempat, Guntur Priambodo, yang memiliki hobi berolahraga sepeda ini terlibat aktif dengan mencangkul endapan lumpur di pinggir saluran irigasi.

iklan aston

Dalam suasana penuh keakraban, Kepala Dinas ini juga berinteraksi langsung dengan petani, mendengarkan aspirasi, dan menerima masukan untuk meningkatkan kualitas sistem irigasi.

“Main lumpur bareng, kerja bakti bareng, makan bareng sambil mendengarkan curhatan petani tentang pentingnya air untuk kelangsungan tanaman mereka di wilayah masing-masing,” ujar Guntur.

Guntur menjelaskan, Gelontor waled menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas sistem irigasi yang sangat vital bagi pertanian lokal, terutama dalam menekan kadar sedimen.

“Apalagi saat musim hujan datang, endapan lumpur mulai mengambang. Sehingga penggelontoran waled menjadi langkah efektif untuk memperlancar debit air menuju persawahan petani,” jelasnya.

Menurut Guntur, kegiatan kerja bakti ini bukan hanya tentang perbaikan infrastruktur irigasi semata, tetapi juga menjadi momen penting untuk memperkuat hubungan antara pemerintah daerah dan para petani. Kolaborasi erat ini diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan dan pembangunan berkelanjutan di Banyuwangi.

“Melalui kegiatan kerja bakti ini, diharapkan infrastruktur irigasi dapat memberikan manfaat signifikan bagi petani, meningkatkan ketahanan pangan, dan memperkuat daya saing sektor pertanian Banyuwangi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.