Dua Event Banyuwangi Festival Masuk Kalender Nasional KEN 2024

by -831 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menetapkan dua event unggulan Banyuwangi Festival, yakni Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Pencatatan ini menjadi kebanggaan bagi Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

“Alhamdulillah, tahun ini dua event Banyuwangi Festival kembali masuk KEN 2024. Terima kasih kepada Kemenparekraf yang kembali mempercayai event Banyuwangi. Ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Banyuwangi untuk terus berkreasi menyuguhkan event pariwisata yang berkualitas dan berkelas,” ujar Bupati Ipuk Fiestiandani, Senin (29/1/2024).

iklan aston

KEN adalah program strategis yang mendukung dan mengembangkan event bertaraf nasional. Dalam peluncuran virtual KEN 2024 oleh Presiden Joko Widodo dan Menparekraf Sandiaga Uno, Banyuwangi menampilkan mini show Gandrung Sewu dan dua kostum BEC bertema Gandrung dan Barong, mencerminkan kekayaan budaya lokal yang kuat.

“Semoga ditetapkannya dua event Banyuwangi sebagai agenda pariwisata nasional mampu meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Banyuwangi. Ujungnya berdampak pada peningkatan perekonomian daerah,” kata Bupati Ipuk.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y Bramuda, menjelaskan bahwa masuknya BEC dan Gandrung Sewu dalam KEN 2024 melibatkan proses kurasi selama tiga bulan, dari Oktober hingga Desember 2023.

“Dari total 252 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, mengerucut tinggal 110 event,” ujar Bramuda.

Proses kurasi tahun ini melibatkan tim kurator yang terdiri dari lima bidang, memastikan bahwa dua event Banyuwangi tetap konsisten dalam agenda KEN.

“Alhamdulillah, Banyuwangi konsisten menempatkan dua event kerennya dalam agenda KEN,” pungkas Bramuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.