53 Kepala Desa di Banyuwangi Tingkatkan Kapasitas Melalui Bimtek

by -286 Views
iklan aston

Banyuwangi, Seblang.com – Sebanyak 53 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Banyuwangi, termasuk dua Kades pengganti antar waktu (PAW), aktif mengikuti Program Bimbingan Teknik (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni pada 19-20 Desember 2023, di Hotel el Royal Banyuwangi.

Setelah pelantikan serentak di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan pada 15 Desember 2023, 51 Kades dan dua Kades PAW bergabung dalam kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas dalam perencanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan, serta penyelenggaraan pemerintahan desa.

iklan aston

“Program ini dirancang untuk memperkuat keterampilan para Kades yang sebagian besar bukan berasal dari unsur pemerintahan,” kata Kepala DPMD Banyuwangi, Tri FM Witarseno,

Bimtek tahun ini, kata Tri, diharapkan dapat mempersiapkan mereka untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024 dengan baik.

Apabila Bimtek dilakukan tahun depan, kata Tri, dikhawatirkan akan terjadi perubahan yang sangat frontal dan krusial dan tidak sesuai visi misi mereka.”Makanya digelar Bimtek dikandung maksud kira-kira sampai akhir Desember 2023 signifikan dengan draf visi misi mereka,” imbuh Tri FM.

Dalam kegiatan Bimtek, istri Kades turut dilibatkan sebagai Tim Penggerak PKK (TP-PKK), kecuali bagi Kades perempuan yang melibatkan istri Sekretaris Desa (Sekdes). TP-PKK memainkan peran penting dalam membantu Kades menangani berbagai permasalahan di desa, seperti kemiskinan, stunting, dan angka putus sekolah.

Nara sumber Bimtek melibatkan berbagai pihak, termasuk Kepala DPMD yang memaparkan materi kebijakan pemberdayaan masyarakat dan desa. “Saya memberikan materi tentang aset, dan dari Inspektorat Banyuwangi menyampaikan materi tentang auditor atau pemeriksaan,” ungkap Tri FM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.