Gegara Warga Bakar Sampah, Lahan Perkebunan Gunung Terong Banyuwangi Terbakar

by -611 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comKebakaran melanda lahan Perkebunan Gunung Terong, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru Banyuwangi, Jumat (13/10/2023) siang.

“Kebakaran ini diduga karena adanya warga membakar sampah dan tidak dijaga. Tiupan angin yang berhembus kencang membuat api cepat merembet dan meluas sekitar lokasi yang kering,” kata Kapolsek Kalibaru Iptu Yaman Adinata, S.H, Sabtu (14/10/2023).

iklan aston

Beruntung, petugas gabungan dari Polsek Kalibaru, Koramil, BPBD, Perhutani dan Satpol PP merespon cepat adanya informasi kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tersebut.

Sehingga pemadaman api yang juga dibantu Karyawan Perkebunan Afdelling Sumberbaru dan Baru Kidul, perangkat pemerintah desa dan masyarakat setempat itu cepat dilakukan meski hanya menggunakan alat seadanya.

“Sulitnya akses menuju lokasi dan jauh dari sumber air, menjadi tantangan petugas. Api berhasil dipadamkan secara total sekitar pukul 17.02 WIB,” ungkapnya.

Kebakaran ini, ungkap Yaman, menghanguskan lahan kurang lebih sekitar 300 meter persegi. “Alhamdulillah kerugian yang ditimbulkan akibat dari kebakaran ini nihil. Demikian juga untuk korban jiwa atau luka, tidak ada,” ujarnya.

Kebakaran ini menjadi pengingat penting akan dampak negatif dari tindakan sembrono seperti pembakaran sampah di lahan saat musim kemarau kering seperti saat ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sesuatu di lahan perkebunan terutama saat musim panas seperti ini. Kami juga mengajak pihak perkebunan untuk tetap waspada dengan kemarau panjang ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.