Kemarau Panjang, Humas Polresta Banyuwangi Distribusikan Air Bersih ke Warga Bangsring, Kampung Ujung dan Pakis

by -201 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Humas Polresta Banyuwangi menggelar kegiatan bakti sosial di beberapa wilayah untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih akibat dampak musim kemarau, Rabu (4/10/2023).

Aksi sosial ini menjangkau Dusun Krajan Dua, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kelurahan Kepatihan, Lingkungan Kampung Ujung, dan Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa melalui Kasi Humas Iptu Moch. Agus Winarno menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Humas Polri ke-72, yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2023 mendatang.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial seperti ini merupakan bagian dari komitmen Polri khususnya Polresta Banyuwangi untuk selalu hadir membantu masyarakat. “Kita ingin membantu mereka yang kesulitan air bersih selama musim kemarau,” kata Iptu Moch. Agus Winarno.

Ada lima tangki air bersih yang disediakan, empat tangki dari Umbul Bening Glenmore dan satu tangki dari Pudam Banyuwangi. Dua tangki disalurkan ke Kampung Ujung, satu tangki ke Kelurahan Pakis, dan dua tangki ke Desa Bangsring.

“Air tersebut sudah siap untuk dikonsumsi dan digunakan dalam kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

Suhairi, salah satu warga dan Wakil Ketua HIPPAM Desa Bangsring, mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan.

Menurut Suhairi, musim kemarau tahun ini sangat berdampak pada ketersediaan air bersih. Di tempat tinggalnya telah memiliki dua tandon yang terisi dari mata air Perkebunan Selogiri, namun debit air tidak mencukupi untuk kebutuhan warga, sehingga mereka terpaksa dua hari sekali membeli air untuk mengisi tendon.

“Banyak sumur dan mata air kering. Warga harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp500.000 hingga Rp1.000.000 untuk membeli air. Maka dengan bantuan ini sangat berarti bagi kami,” ungkapnya.

Suhairi berharap ada pihak yang dapat membantu pembuatan sumur bor, mengingat HIPPAM sudah memiliki lahan yang cukup. Dengan demikian, masalah air di wilayah tersebut dapat teratasi./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.