Malam 1 Suro Warga Pekulo Bersih Dusun, Siramkan Air Sumber Jeding ke Tengah Jalan

by -652 Views
Wartawan: M. Yudi Irawan
Editor: Herry W Sulaksono
Foto : Warga Pekulo saat ritual. (yud)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Warga Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, gelar bersih dusun. Selamatan jelang malam 1 Suro bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 tersebut digelar di pusat jalan desa dusun setempat, Selasa (18/07/2023).

Sekitar seribu ancak pun disajikan. Dipimpin sesepuh desa, doa dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar seluruh warga senantiasa mendapat perlindungan, dan keberkahan, dalam menjalani rutinitas keseharian.

iklan aston

Usai doa, Kepala Dusun Pekulo menyiramkan air kendi bersumber dari mata air Sumber Jeding ke tengah jalan. Sumber mata air tersebut, konon tak pernah kering meski kemarau melanda desa.

Prosesi siraman air ini menurut Andre Subandriyo ketua pelaksana kegiatan, sebagai simbol bersih dusun sekaligus tolak balak, agar seluruh warga dijauhkan dari segala mara bahaya.

Untuk pengambilan mata air tersebut sebelum pelaksanaan bersih dusun menurutya terlebih dahulu sejumlah warga menggelar ritual dan selamatan di Sumber Jeding.

Kemudian air yang mengalir dari pusat mata air di bawah pohon beringin besar itu dimasukkan ke dalam kendi untuk sarana selamatan bersih dusun di lokasi kegiatan.

“Alhamdulillah selamatan bersih dusun bisa terus kami laksanakan di setiap tahunnya. Semoga seluruh warga selalu mendapat perlindungan, dan keberkahan,” pungkas Andre Subandriyo.

Menariknya, seribu ancak tersebut selain dinikmati warga setempat juga diperuntukkan untuk warga luar desa yang hadir. Terlebih, usai selamatan warga berebut buah – buahan dan tanaman hasil bumi simbul wujud rasa syukur masyarakat atas hasil yang melimpah, di lokasi kegiatan.

Karena mereka meyakini, terdapat berkah tersendiri jika bisa mendapatkan salah satu dai hasil bumi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.