Jasa Penggilingan Padi Sepi Karena Cuaca dan Sawah Rusak Karena Hama Wereng

by -546 Views
Agus Hariyanto, saat melayani penjualan katul kepada pembeli ditempat usahanya di lingkungan Concrong kelurahan Boyolangu kecamatan Giri Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com  – Pada dasarnya kondisi usaha jasa penggilingan padi skala kecil atau skala rumahan, sebelum maupun pasca pandemi Covid 19 tidak ada terlalu jauh berbeda karena dipengaruhi hasil pertanian dan cuaca yang ada.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh  Agus Hariyanto, salah seorang pelaku usaha jasa penggilingan padi di lingkungan  Concrong kelurahan Boyolangu kecamatan Giri Banyuwangi di tempat usahanya pada Sabtu (11/06/2023).

iklan aston

Menurut Agus, usahanya saat ini lagi sepi karena cuaca yang tidak menentu sehingga kesulitan menjemur gabah dan sebagian lahan petani padi rusak karena serangan hama wereng.

Agus menuturkan dalam kondisi normal dia bisa nyelep padi sekitar 2 kuintal atau 200 kilogram dengan ongkos Rp. 600 per kilogram beras. Selain itu akan mendapatkan keuntungan langsung berupa bekatul atau dedak yang dijual dengan harga Rp. 2.000 per kilogram. Kemudian ada sekem atau merang yang biasa dijual setelah dikumpulkan sekitar 4 – 5 bulan sekali dengan harga Rp. 5.000 per karung.

Salah satu kendala dihadapi dalam menekuni usaha jasa penggilingan padi terkadang ada kerusakan mesin giling yang miliknya.”Untuk kerusakan ringan bisa diperbaiki sendiri. Tetapi kalau rusaknya lumayan berat  ya harus mendatangkan tukang servis atau jasa montir untuk perbaikan,” jelas Agus.

Dalam melakukan pekerjaanya biasanya Agus ditemani oleh seorang pekerja yang membantu saat melakukan penjemuran dan mengangkat gabah kering ke mesin penggilingan, membantu melayani penjualan katul dan lain sebagainya.

Dari usaha jasa yang ditekuni sejak sekitar 2011 lalu, Agus bisa menghidupi keluarganya. Bahkan salah seorang anaknya saat ini sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang ada di Banyuwangi.

Ayah 3 anak itu menambahkan selain menekuni usaha jasa pemilihan padi,  dia juga berusaha menanam padi di sawah dan ternak sapi sebagai usaha sambilan sekaligus tabungan dan saat ini memiliki dua ekor sapi.

Adapun pelanggan usaha penggilingan padi yang dtekuni oleh Agus adalah para tetangga dan masyarakat sekitar yang ada di lingkungan contoh dan Porong  Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri Banyuwangi.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.