Berbahaya, Kades Paspan Banyuwangi Larang Masyarakat Melintas Jembatan Desa Paspan-Desa Gumuk

by -194 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comJembatan penghubung desa Paspan kecamatan Glagah dengan desa Gumuk kecamatan Licin Banyuwangi diketahui mengalami kerusakan akibat tergerus aliran air sejak sekitar September 2022 lalu. Untuk perbaikan sudah diusulkan dan masuk dalam program pembangunan tahun ini.

Menurut Kepala desa (Kades) Paspan Rizal Pahlevi, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan kepada warga masyarakat yang memiliki kendaraan roda 4 (Empat) kecil dan besar maupun kecil

Untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan yang lebih parah dan potensi musibah akibat jembatan yang ada tidak mampu menahan beban kendaraan roda 4 yang melintas, pemerintah desa Paspan sudah memasang pengumuman larangan bagi roda 4 untuk melintas di jembatan tersebut.

“Untuk sementara kami minta masyarakat desa Gumuk dan Paspan untuk tidak melewati jembatan demi keamanan dan keselamatan bersama. Tetapi namanya masyarakat desa, meskipun kami berkali-kali menyampaikan imbauan untuk muter sedikit mereka lewat desa Jelun tampaknya keberatan,” jelas Rizal kepada wartawan media ini di rumahnya pada Jumat (09/06/2023)

Sekali lagi kami menghimbau untuk kendaraan roda empat besar atau kecil dalam keadaan kosong maupun membawa sementara tidak melewati jembatan penghubung Desa Gumuk dan desa Paspan demi keamanan dan keselamatan bersama, pintanya.

Sementara Wijang Soekatno, Salah seorang warga Kelurahan Banjarsari Glagah yang sering melintas jembatan tersebut memiliki lahan pertanian di desa Gumuk mengaku sudah lama melihat jembatan tersebut rusak.

Bahkan mantan Kepala Sekolah SD itu merasa takut kalau melintas di atas jembatan kuatir kalau sewaktu berada diatas akan terperosok bersama mobilnya. Padahal mobilnya jenis pick up.

“Sekarang saya tidak berani Mas meskipun kendaraan saya pick up lebih aman muter lewat Jelun meskipun agak jauh. Tetapi orang-orang gak tahu kok berani kalau longsor tidak tahu seperti apa jadinya karena sungainya dalam,” jelas Wijang.

Selanjutnya dia berharap agar pemerintah desa Paspan atau Gumuk untuk mengusulkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk segera memperbaiki jembatan.

“Yang penting segera bisa dilewati karena jembatan ini sangat vital bagi masyarakat desa Paspan maupun masyarakat desa Gumuk Kecamatan Licin karena apabila harus muter lewat desa Jelun jaraknya lumayan jauh,” pungkas Wijang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.