Kalibaru Banyuwangi Hari Ini Banjir, Ini Penyebabnya

by -1282 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi Mujito menyampaikan penyebab banjir di Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru hari ini. Salah satunya akibat hujan deras selama delapan jam hingga tersumbatnya gorong-gorong saluran irigasi persawahan.

“Penyebabnya karena hujan deras dari pukul 00.00 – 08.00 WIB, sehingga aliran air irigasi di persawahan meluap. Selain itu, juga diperparah dengan saluran irigasi yang terlalu kecil dan gorong-gorong yang buntu,” ungkap Mujito.

iklan aston

Luapan air banjir itu pun, kata Mujito, hingga masuk ke permukiman warga dengan ketinggian kurang lebih 30 cm dan menutup akses jalan, khususnya di Dusun Margomakmur. Tak hanya itu, rel kereta api juga tergenang air.

“Sebanyak 42 rumah warga yang terdampak. Banjir juga merusak paving jalan permukiman dan lahan persawahan milik warga. Kantor Polsek kalibaru juga terdampak luapan,” ujarnya.

BPBD Banyuwangi juga telah  melakukan asesment dan memberikan bantuan logistik sembako kepada warga yang terdampak banjir melalui pihak desa di Balai Desa Kalibaru Kulon.

“Kami juga merekomendasikan untuk perbaikan saluran irigasi dan gorong – gorong yang ada di badan jalan, serta pembangunan beberapa titik plengsengan di sepanjang jalur aliran irigasi,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.