Sebagian Warga Lingkungan Krajan RT 01/RW 01 Kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi Gunakan KTP Dalam Pemilu Mendatang

by -171 Views
Bekas lokasi Lingkungan Krajan RT 01/ RW 01 Kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi yang sekarang beralih fungsi dalam pengelolaan PT PPI
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sebagian warga Lingkungan Krajan RT 01/RW 01 Kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi akan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

RT 01/RW 01 Kelurahan Mandar secara administrasi sampai saat ini masih ada. Namun apabila dilihat di lapangan sebagian besar warganya sudah pindah ke wilayah lain karena tergusur proyek Pantai Marina Boom Banyuwangi beberapa tahun lalu.

iklan aston

Menurut Ketua RT 01 Kelurahan Kampung Mandar , Saknan, saat ini warganya tinggal sekitar 50 persen yang masih menjadi warga kelurahan yang berada di dekat kawasan pantai Boom Banyuwangi. Sebagian sudah mengajukan permohonan pindah ke kelurahan dan desa lain, karena menikah kerja maupun karena alasan lain.

Dia menuturkan dalam menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2024 bagi yang sudah didaftar oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mereka akan melakukan pencoblosan di TPS 1 Plengsengan Kampung Mandar.

”Sedangkan yang tempat tinggalnya jauh mereka tetap mendukung lancar dan suksesnya pesta demokrasi lima tahunan dengan menggunakan KTP dan mereka bisa menggunakan hak pilihnya di atas pukul 12.00 siang,” jelas Saknan di Kawasan Pantai Boom Banyuwangi pada Selasa (01/03/2023).

Lebih lanjut dia menambahkan dahulu sebelum tergusur proyek pembangunan Marina Boom Banyuwangi, TPS 01 ditempatkan di kawasan Pantai Boom yang merupakan wilayahnya. Namun dengan adanya penggusuran lokasi tersebut sudah beralih fungsi dengan penataan sesuai perencanaan PT Pelindo Property Indonesia (PT PPI).

Dalam tahapan pendaftaran pemilih pemilu mendatang, sebagai Ketua RT Saknan tidak segan untuk membantu petugas mengantar menemui warganya yang jaraknya terjangkau. Namun untuk warga yang sekarang tinggal di tempat yang jauh petugas tidak bisa melakukan pendaftaran.

“Tetapi sama dengan pemilihan Bupati Banyuwangi yang lalu rata-rata warganya mencoblos meskipun menggunakan KTP karena mereka merasa mempunyai hak pilih,” pungkasnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.