Kerusakan Kawasan Hulu Akibat Alih Fungsi Lahan dan Konflik Sosial, Perparah Bencana Hidrometeorologi di Banyuwangi

by -661 Views
Konflik sosial di Desa Pakel yang berujung pembalakan liar
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Curah Hujan tinggi sepanjang Februari 2023 ini disinyalir menjadi pemicu bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah Kabupaten Banyuwangi beberapa hari terakhir.

Ratusan rumah warga di kawasan bantaran sungai Kalilo terendam, dan beberapa di antaranya roboh, karena turap yang menahan laju air sungai ikut ambles. Bahkan, bencana longsor di Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro telah memakan satu korban jiwa akibat tertimbun material tanah.

iklan aston

Dampak kerusakan lingkungan di kawasan hulu, ditengarai memperparah bencana hidrometeorologi ini.

Pantauan seblang.com, kawasan Gantasan Lereng Ijen yang dulunya banyak pepohonan, kini berubah menjadi tanaman komoditas hortikultura. Kemudian perkebunan di Desa Pakel, Kecamatan Licin, lahan berhektar-hektar berubah menjadi gundul karena adanya konflik sosial.

Oleh sebab itu, penataan daerah hulu menjadi fokus Pemkab Banyuwangi dan stakeholder terkait dalam menangani banjir.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan dua skema segera dilakukan untuk mengatasi banjir, yakni membuat rorak (parit buntu penahan air) dan menanam tanaman keras berdaya serap tinggi di daerah hulu, yakni di kawasan Gantasan di Lereng Ijen.

“OPD (Organisasi Perangkat Daerah) teknis dan berbagai pihak terkait sudah melakukan tinjau lokasi untuk mematangkan tindak lanjutnya. Tadi disepakati, akan dilakukan pembuatan rorak dan konservasi lingkungan dengan penanaman tanaman keras. InshaAllah, minggu depan mulai dikerjakan senyampang masih musim hujan,” ujar Ipuk, Selasa (14/2/2022).

Sementara itu, untuk menangani konflik sosial di Desa Pakel berujung pembalakan liar, pimpinan Polresta Banyuwangi telah membahasnya dalam rapat analisis dan evaluasi (anev) situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) (14/2/2023) kemarin.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa menegaskan, Polri harus bekerja secara prediktif, responsibilitas, dan transparan berkeadilan. ”Kita selalu menegaskan kepada seluruh anggota harus bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebab, tugas Polri adalah untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat,” ujar Kapolresta Deddy Foury Millewa.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.