Pendekatan Agung Setyo Wibowo, Anggota DPRD Banyuwangi Mampu Meredam Kemarahan Warga

by -311 Views
Agung Setyo Wibowo, Anggota Fraksi Nasdem DPRD LKabupaten Banyuwangi (nomor 2 dari kiri) setelah menggelar pertemuan dengan warga Desa Kesilir Kecamatan Siliragung Banyuwangi (Istimewa)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com –  Pendekatan Agung Setyo Wibowo, Anggota DPRD Banyuwangi asal Desa Kesilir Kecamatan Siliragung dengan yang duduk bersama dengan warga setempat mampu meredam niat warga masyarakat lingkungan Kahyangan Desa Kesilir untuk melakukan penghadangan terhadap kendaraan operasinal PT Bumi Suksesindo (PT BSI).

Pertemuan yang dilakukan di rumah salah seorang warga Kahyangan pada Senin (04/10/2022) yang berlangsung mulai pukul 20.00 sampai dengan 23.45 tersebut dalam menyikapi keinginan warga setempat yang melarang kendaraan logistik melintas di sepanjang jalan depan rumah mereka dan diminta untuk melewati jalur semula.

iklan aston

Keinginan warga tersebut dipicu oleh kebisingan konvoi kendaraan pengangkut logistik tambang emas PT. BSI, sehingga warga setempat merasa terganggu.

Sebenarnya lalu lalang kendaraan logistik tambang emas tersebut sudah berjalan sejak PT BSI itu beroperasi melaksanakan kegiatan penambang emas di Tumpangpitu Kecamatan Pesanggaran.

Namun warga Lingkungan Kahyangan dalam beberapa waktu terakhir resah karena konvoi kendaraan operasional PT BSI yang melaju kencang khususnya pada saat tidak membawa muatan.

Pada saat mengajukan keberatan kendaraan melintas di wilayahnya yang pertama, warga disarankan untuk membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan mengajukan proposal bantuan kepada PT BSI sebagai bentuk kompensasi.

Namun setelah Pokmas terbentuk dan menyodorkan proposal cukup lama tetapi tidak ada respons dari pihak PT BSI, akhirnya warga melakukan aksi penghadangan terhadap konvoi kendaraan logistik PT BSI lagi.

Dari beberapa kali upaya mediasi yang dilakukan ternyata tetap belum ada titik temu. Warga setempat memilih untuk melarang konvoi melintas di sepanjang jalan depan rumah mereka dan meminta untuk kembali pada jalur yang pernah dilewati sebelumnya.

Namun setelah Agung Setyo Wibowo, anggota DPRD yang kelahiran Desa Kesilir melakukan pendekatan dengan memberikan penjelasan saran dan masukan akhirnya warga bisa memahami dan sepakat tidak melakukan penghadangan lagi.

Anggota Dewan yang akrab disapa Mas Agung tersebut menjelaskan bahwa pihak PT BSI sudah pasti memahami keluhan warga yang terdampak, karena itu dia berupaya menjembatani kemauan warga.

“Saya akan menjembatani kemauan sederek sederek semua, tentunya juga semua kan ada aturan dan mekanisme yang harus dilalui,” jelas Agung.

Politisi Partai Nasdem itu menuturkan, sebelum ada tambang Lingkungan Kahyangan daerah sepi dan masyarakat luar kurang mengenal dengan desa Kesilir ini,.

“Dulu sebelum tambang masuk daerah kita sepi, setelah ada tambang semua ikut merasakan perputaran ekonomi yang lebih baik. Selain itu Desa Kesilir ini dikenal orang luar daerah juga, bener nopo mboten,” imbuh Mas Agung.

Akhirnya dengan pendekatan yang humanis dan penjelasan yang gamblang dan penuh canda tersebut, warga masyarakat Kahyangan bisa mengerti dan tidak akan melanjutkan aksi penghadangan kendaraan logistik tambang yang melintas di wilayahnya.

Mas Agung mengungkapkan rasa terimakasih kepada warga, karena bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan. Dia berharap apabila warga ada permasalahan yang lain, bisa langsung menghubungi dirinya lewat telpon atau melalui WhatsApp (WA) sambil memberikan nomernya.

“Jika mungkin nanti ada permasalahan yang lain, njenengan bisa menghubungi saya, tetapi semoga saja tidak ada lagi.Karena saya yakin njenengan semua dan masyarakat Desa Kesilir ini tentunya ingin hidup dengan aman tentram dan damai. Apalagi sudah dikenalsebagai warga yang baik baik sejak dulu”, pungkas Mas Agung.

Sebelum pertemuan berakhir Warga yang hadir juga menyampaikan terimakasih kepada Mas Agung yang peduli, meluangkan waktu untuk datang dan mendengar keluhan serta berupaya memperjuangkan keinginan warga Kahyangan.

“Kami bersama warga, menyampaikan terimakasih kepada Mas Agung, atas segala masukan dan penjelasan, juga dukungannya untuk warga Kahyangan ini”, ucap Kariyono yang mewakili warga./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.