Tragedi Sepakbola Kanjuruhan Malang, Presiden : Hentikan Sementara Liga 1 dan Usut Tuntas

by -561 Views
Girl in a jacket

Jakarta, seblang.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi yang terjadi setelah pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Peristiwa kericuhan yang dipicu kekecewaan suporter Arema FC karena tim kesayangannya harus menelan kekalahan 2-3 dari Persebaya itu, menewaskan (sementara ini) 129 orang.

“Saya meminta Menkes dan Gubernur Jatim untuk memonitor khusus layanan medis untuk korban agar dapatkan layanan terbaik,” jelasnya di Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga memerintahkan Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola serta prosedur pengamanan pertandingan tersebut. Kompetisi liga 1 itupun diminta untuk diberhentikan sementara terlebih dahulu.

“Saya perintahkan pada Menpora, Kapolri, dan Ketum PSSI untuk evaluasi menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepakbola dan prosedur keamanannya,” tegasnya.

“Kapolri lakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. PSSI hentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” tambahnya.

“Saya menyesalkan dan saya berharap ini tragedi terakhir sepakbola di tanah air,” tutupnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.