RTBL Koridor Jalan Gatot Subroto Banyuwangi, Koneksikan Pelabuhan dan Stasiun Ketapang

by -408 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur menggelar “Focus Grup Discussion (FGD) II” Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kawasan Pusat Kota Banyuwangi Tahun Anggaran 2022, di Ruang Rapat Minakjinggo Pemkab Banyuwangi, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan acara ini juga dihadiri Dinas PU CKPP Banyuwangi, Bappeda Banyuwangi, Dishub Banyuwangi, PT. KAI Daop 9, ASDP Pelabuhan Ketapang, Disbudpar Banyuwangi, DKB Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, Perangkat Desa dan Kecamatan Kalipuro, serta stakeholder terkait lainnya.

iklan aston

Dalam diskusi tersebut, Koridor Jalan Gatot Subroto sepanjang 3,3 kilometer, luas area 60 Ha di Kelurahan Bulusan – Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, telah ditentukan sebagai Kawasan RTBL.

Karena, Jalan Nasional ini dinilai memiliki peran strategis dalam rangka pengembangan ekonomi. Selain itu, juga merupakan sebagai akses pintu masuk menuju kota berjuluk The Sunrise of The Java ini.

“Dalam FGD 2 ini kita mencoba memaparkan rencana konsep RTBL koridor jalan Gatot Subroto, Ketapang Banyuwangi. Tentunya, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang mampu menampilkan karakter lokal khas Banyuwangi yang semakin maju, sejahtera dan berkah,” kata Adam, Tenaga Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota yang ditunjuk Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, jelas Adam, Jalan Gatot Subroto Banyuwangi terdapat stasiun kereta api yang berdekatan dengan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, akses penghubung Pulau Jawa dan Bali.

Tak sedikit para pelancong atau backpacker mengeluh, karena belum tersedianya penghubung khusus yang menghubungkan antara moda transportasi berbeda tersebut. Meski jaraknya sangatlah berdekatan dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

“Untuk itu, kita ingin membuat konsep pariwisata yang ramah di Banyuwangi dengan mengkoneksikan Pelabuhan dan Stasiun serta moda transportasi darat lainnya. Ketika datang, mereka yang dari Pelabuhan (Bali) bisa dengan mudah ke Stasiun. Semakin mudah dan nyaman untuk berkunjung ke Banyuwangi, diharapkan dapat meningkatkan animo wisatawan datang untuk berwisata,” jelas Adam.

Tak hanya itu, lanjut Adam, jalan Gatot Subroto Banyuwangi juga direncanakan sebagai pintu Exit Tol Probowangi. Selain itu, sepanjang jalan tersebut juga merupakan kawasan industri yang berdampingan dengan industri pariwisata perhotelan.

Namun, kata Adam, kondisi jalan Gatot Subroto saat ini perlu ditata, karena memiliki lebar yang berbeda-beda, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

“Kita ketahui, lebar Jalan Gatot Subroto di utara hanya 6 meter, ditengah lebarnya 18 meter, sedangkan di bawah (selatan) 6 meter lagi. Jadi perlu disesuaikan supaya tidak bottle neck, karena itu rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Belum lagi, Kawasan Koridor Jalan Gatot Subroto juga perlu ditata dan dibangun sedemikian rupa termasuk fasilitas umum dan RTH, agar lebih indah dan nyaman. Terpenting lagi dapat menunjukkan identitas khas Banyuwangi.

“RTBL Kawasan Kota Banyuwangi ini juga merupakan upaya pelayanan pemerintah Provinsi dan Kabupaten untuk masyarakat Banyuwangi,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, melalui Kabid Penataan Ruang Bayu Hadiyanto menyambut baik adanya RTBL koridor Jalan Gatot Subroto Banyuwangi ini. Menurutnya, RTBL tersebut adalah turunan perda No. 6 Tahun 2016 tentang RDTR Kota Banyuwangi.

“Yang jelas kita terbantu dari Anggaran APBD Provinsi terkait RTBL ini. Harapannya, kita ingin koridor Jalan Gatot Subroto menunjukkan ciri khas Banyuwangi, sesuai Perbup No. 11 Tahun 2019 tentang Arsitektur Osing,” kata Bayu.

Bayu menambahkan, pembahasan RTBL Kawasan Pusat Kota Banyuwangi ini masih kurang dua tahapan lagi, hingga menjadi perbup. “Dan perbup (RTBL) ini untuk menerjemahkan perundangan yang telah ada,” pungkasnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.