Lurah Kampung Mandar Minta Masyarakat Tidak Buang Putung Rokok Sembarangan

by -363 Views
Lokasi bekas kebakaran di Marina boom Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com Musibah kebakaran yang terjadi di dekat Mushola Kawasan Pantai Marina Boom Banyuwangi sekitar pukul 11.30 WIB Minggu (21/08/2022) sempat mengagetkan masyarakat karena terlihat asap hitam dan tebal yang terlihat jelas oleh warga yang tinggal di sekitar Pantai Boom.

Menurut Dwi Sasongko, Lurah Kampung Mandar, sumber yang mengakibatkan terjadinya kebakaran masih belum jelas.” Akan tetapi penyebab kebakaran diduga berasal dari putung rokok yang dibuang di semak-semak yang kondisi kering,” jelasnya.

iklan aston

Karena angin yang bertiup sangat kencang dan semak-semaknya yang ada kondisinya kering sehingga mudah menjalar dan sampai mengenai tumpukan ban bekas acara Road Race Dandim Banyuwangi Cup sebanyak 900 ban mobil.

“Ketika mengetahui ada kebakaran saya langsung meluncur ke kantor Pemadan Kebakaran (PMK) yang kebetulan lokasinya cukup dekat dengan lokasi kebakaan. Petugas membawa 3 unit mobil PMK untuk melakukan pemadaman. Setelah berjibaku selama sekitar dua jam petugas memadamkan api,” imbuh Sasongko.

Lurah Mandar menuturkan dalam upaya mencegah dan menanggulangi terjadinya musibah kebakaran pihaknya meminta kepada masyarakat yang sedang berwisata di kawasan Panti Boom tidak membuang putung rokok sembarangan.

“Dalam musim kemarau seperti saat ini di Pantai Boom banyak ilalang yang kering sehingga mudah terbakar. Apalagi karena lokasi pantai yang terbuka angin bertiup sangat kencang sehingga kalau ada percikan api mudah menyebar dengan cepat,” tambah Sasongko.

Sementara dari pengamatan di lapangan usai terjadi kebakaran terlihat bekas ilalang yang terbakar, beberapa ban mobil bekas yang tidak terbakar. Selanjutnya tampak pohon pisang yang lokasinya tidak jauh dengan bangunan mushola daunya mulai mengering karena terdampak panas api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.