Polresta dan Petugas Lapas Sidak Lapas Banyuwangi untuk Memastikan Terbebas dari Peredaran Narkoba

by -556 Views
Wartawan: Hari Purnomo
Editor: Herry W. Sulaksono
Polisi bersama petugas Lapas menggeledah warga binaan Lapas Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi , seblang.com – Lapas Banyuwangi kembali melakukan kegiatan rutin penggeledahan kamar hunian pada Kamis (31/3/2022) malam. Pada penggeledahan kali ini, Lapas Banyuwangi menggandeng Polresta Banyuwangi untuk turut membantu menjaga kondusifitas keamanan selama penggeledahan berlangsung.

Kegiatan penggeledahan dipimpin langsung oleh Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto dengan didampingi Kasat Narkoba Polresta Banyuwangi Kompol Rudi Prabowo.

iklan aston

Wahyu menyebutkan kegiatan penggeledahan kali ini sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Banyuwangi dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Selain itu, personel dari Polresta Banyuwangi ingin memastikan bahwa di Lapas Banyuwangi sudah terbebas dan tidak ada peredaran gelap narkoba.

Hasil dari penggeledahan di Lapas Banyuwangi

“Kami ingin memastikan Lapas Banyuwangi berada dalam kondisi aman dan terbebas dari peredaran narkoba, terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan. Tentu jika Lapas ini berada dalam kondisi aman, warga binaan yang beragama islam akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah di bulan ramadan” ujarnya.

Sekitar 100 orang personel gabungan dari Lapas Banyuwangi dan Polresta Banyuwangi dikerahkan untuk menyisir 4 blok hunian, yaitu blok A, E, F dan G. Personel dibagi kedalam 4 kelompok yang langsung disebar ke masing-masing blok hunian.

“Pada penggeledahan kali ini, kami lakukan sinergi dengan Polresta Banyuwangi yang mana pada malam ini dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba untuk memastikan kegiatan berjalan dengan kondusif,” bebernya.

Wahyu menjelaskan bahwa penggeledahan tidak hanya terfokus pada kamar hunian. Namun disekitar kamar hunian dan tempat-tempat yang tak teduga seperti musala dan bengkel kerja turut digeledah secara teliti.

“Hal itu sebagai antisipasi adanya kebocoran informasi yang memungkinkan warga binaan untuk menyembunyikan barang terlarang d iluar kamar hunian” imbuhnya.

Dari hasil penggeledahan yang dilaksanakan sekitar 2 jam itu, petugas berhasil menyita 2 alat komunikasi dan beberapa barang terlarang lainnya seperti pisau modifikasi, korek api gas dan benda yang disinyalir dapat menyebabkan terjadinya gangguan kamtib.

“Alhamdulillah tidak ditemukan adanya narkoba pada penggeledahan kali ini, semoga dengan kegiatan penggeledahan rutin yang kami lakukan dapat mewujudkan Lapas Banyuwangi yang terbebas dari Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba),” harapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Banyuwangi Kompol Rudi Prabowo mengatakan sinergi yang dilakukan antara Lapas Banyuwangi dan Polresta Banyuwangi merupakan hal yang sangat positif untuk terus dilakukan.

Menurutnya, hal itu juga dilakukan untuk memastikan tidak adanya peredaran gelap narkoba di Lapas Banyuwangi.

“Kami juga ingin memastikan bahwa di Lapas Banyuwangi ini tidak ada peredaran gelap narkoba. Kami akan terus melakukan koordinasi dengan Kalapas Banyuwangi terkait pemberantasan narkoba” pungkasnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.