Khawatir Kumuh Dinas Kesehatan Banyuwangi Tunda Penerbitan Rekomendasi Izin Operasinal

by -253 Views
Gerai Layanan Rapid Test Antigen di Kawasan Pelabuhan Ketapang yang disegel aparat gabungan
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pada dasarnya Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi sudah menandatangani rekomendasi izin operasinal gerai rapid test antigen yang mengajukan permohonan. Namun kalau rekomendasinya diterbitkan semua khawatirnya akan menimbulkan kawasan yangkumuh lagi.

Pernyataan tersebut disampaikan Amir Hidayat, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi kepada sejumlah wartawan melalui sambungan Handphone (HP) pada Jumat (11/ 02/ 2022).

iklan aston

Dia menegaskan telah menanda tangani rekomendasi izin operasional 9 gerai rapid test antigen di Kawasan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) yang ditutup dan disegel oleh petugas gabungan beberapa waktu lalu karena dinilai tidak sesuai dengan SOP..

Tetapi atas saran masukan beragai pihak , khususunya dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Banyuwangi maka surat rekomendasi bagi 9 gerai yang mengajukan izin itu belum diterbitkan. “Ada masukan dari banyak pihak rekomendasi jangan diterbitkan serta merta karena mereka baru saja ditutup,” jelas Plt Kadis Kesehatan

Sehingga atas masukan saran tersebut Dinas Kesehatan saat ini menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di lapangan apakah permintaan rapid test antigen warga yang akan menyeberang ke pulau Bali masih tinggi dan terjadi penumpukkan.

“Kami masih menunggu respons publik terhadap pos swab yang telah dikeluarkan. Apakah terjadi kemacetan, kekurangan pos dan lain lain,” ujar Amir Hidayat.

Lebih lanjut dia menuturkan apabila dirasa perlu dan karena pertimbangan terjadi penumpukkan pemohon rapid test antigen dan pos swab yang melayani masyarakat dianggap kurang maka rekomendasi Dinas Kesehatan yang telah ditandatangani akan diterbitkan.

Karena disinyalir terkesan tebang pilih dalam memberikan rekomendasi izin operasional Pos Swab Antigen, rencananya para pengusaha dan pekerja yang saat ini belum mendapatkan rekomendasi izin mengancam akan beramai-ramai mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi  pada Senin depan

Menurut Yahya Umar,  salah satu pemilik Pos Swab Sri Tanjung di Dusun Selogiri Desa Ketapang, gencarnya upaya penertiban yang dilakukan tim gabungan Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi terhadap gerai rapid test antigen tidak sesuai dengan Standar Operasinal Prosedur (SOP) di sekitar Kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur, menuai protes beberapa pemilik gerai.

Pasalnya, Dinas Kesehatan setempat yang melakukan penutupan dan penyegelan terkesan tebang pilih saat memberikan rekomendasi izin operasional terhadap gerai tersebut. //

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.