Program Safari Gemarikan, 1000 Paket Olahan Ikan Disalurkan

by -662 Views
iklan aston

Madiun, seblang.com – Dalam kurun waktu dua hari, program Safari Gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan), Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhtarom, S.Sos realisasikan bantuan aspirasi.

Sebanyak 1000 paket bantuan terbagi di dua lokasi. 500 paket di rumah aspirasi Desa Ketawang Kecamatan Dolopo, Sabtu 20/3, dilanjutkan penyaluran 500 paket berlokasi di Gedung Graha Gus Dur, Jalan Raya Gunungsari, Desa Gunungsari Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Minggu (21/3/2021).

iklan aston

Dalam satu paket bantuan, berisikan abon lele, wader crispy, bandeng presto serta ikan segar. Keseluruhan item merupakan hasil produksi asli warga Madiun. Rencana giat hari ini, 500 paket bantuan dialokasikan untuk 6 kecamatan, dengan memprioritaskan unsur stunting yaitu balita, ibu hamil, ibu menyusui dan keluarga rawan gizi sebagai penerima bantuan.

Giat Safari Gemarikan kali ini, Muhtarom didampingi Wakil DPRD Kabupaten Madiun, Slamet Rijadi, Dr. Catur Sarwanto selaku Direktur Usaha dan Investasi Kementerian Kelautan dan Perikanan dan juga Kabid Dinas Perikanan Kabupaten Madiun, Nur Basuki. Sedangkan tamu undangan adalah warga perwakilan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Madiun.

Dalam sambutannya, Muhtarom menjelaskan bahwa program bantuan aspirasi merupakan kerjasama DPR dengan Kementrian mitra, diantaranya Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Kelautan Perikanan serta Bulog. Berbeda dengan bantuan reguler yang disalurkan melalui pemerintah daerah.

Muhtarom menuturkan bahwa kegiatan Safari Gemarikan sangatlah penting. Yang pertama, bagi ibu hamil dan menyusui agar dapat memperbaiki kualitas generasi masa depan.

“Bagi ibu hamil misalnya, harus mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, agar bayi dalam kandungan tetap sehat serta memiliki kualitas kecerdasan diatas standart. Jangan sampai masih menggunakan pola pikir jaman dulu, makan apa adanya, tidak memiliki nilai gizi yang baik, kalau seperti ini, bayi yang dilahirkan akan stunting, kurang gizi, ber-IQ rendah, ujung-ujungnya jadi generasi yang tidak jelas,” tuturnya.

Menurut Muhtarom, jika ada anak jaman dulu yang melarat tapi cerdas, itu merupakan hidayah, sanggup _nglakoni tirakat_. Sedangkan sekarang, sudah zamannya berpikir secara rasional dan realistis.

“Secara teoritis yang logis, ibu hamil maupun menyusui yang mengabaikan kualitas gizinya, akan berdampak pada anak, stunting lah, IQ kurang cerdas lah. Jadi tidak ada salahnya, berupaya sejak dini, sejak sekarang, penuhi kebutuhan gizi demi generasi muda yang berkualitas dimasa depan,” paparnya.

Poin kedua, masih oleh Muhtarom, Gemarikan juga sangat penting bagi usia diatas remaja atau dewasa. Kandungan gizi dalam ikan, mampu mengkontrol kolesterol agar tidak over. Kandungan kalsium didalamnya sangat baik bagi kesehatan jantung dan ginjal. Oleh karena itulah ikan merupakan makanan bergizi, juga multifungsi.

Kurangnya kesadaran masyarakat Madiun akan pentingnya ikan ini masih memprihatinkan. Muhtarom menjabarkan dalam prosentase, tercatat 15% balita di Madiun mengalami stunting. Kondisi seperti ini harus benar-benar diperhatikan mulai sekarang agar kedepan, kasus stunting bisa lebih ditekan lagi.

Sebelum menutup acara, mantan Bupati Madiun yang masih humoris dan dekat dengan masyarakat itu berpesan kepada seluruh penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan sesuai kegunaannya.

“Ini nanti dimakan lho ya pak, buk, yang ikan segar ya dimasak baru dikonsumsi. Jangan malah dijual, ditukar beras atau gula ya,” guraunya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Madiun, Sodik Hery Purnomo, saat dikonfirmasi seblang.com via seluler berharap program Safari Gemarikan menjadi sarana edukasi sekaligus promosi produk perikanan di Madiun.

“Dengan kegiatan Safari Gemarikan ini kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan akan meningkat, selain itu dapat menurunkan angka stunting dan gizi buruk. Dari segi ekonomi, dapat mempromosikan produk perikanan sebagai makanan kaya gizi dan protein serta dapat menyerap produksi ikan dan olahan khususnya di Madiun,” ungkapnya.

Wartawan : Anwar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.