Ciptakan Pruralisme Yang Baik, Cah Bregudul Hadir di Piodalan Pura Bhakti Darma

by -435 Views
Foto : Keharmonisan antar umat beragama terjalin baik di Tegaldlimo
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Piodalan Pura Bhakti Darma Dusun Kedungsumur, Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo berlangsung sederhana dan penuh kaharmonisan antar umat beragama. Karena dalam ulang tahun pura milik umat hindu tersebut turut mengundang hadirkan umat muslim dusun setempat, Rabu (27/01/2021).

Menurut Sukarman (63), panitia penyelenggara piodalan memaparkan, keharmonusan tersebut meruoakan bentuk prulalisme yang terus digaungkan supaya persaudaraan antar umat beragama terus tumbuh dan terjalin rukun.

iklan aston

“ini sangat mengharukan, karena baru pertama kali di desa kami pemuda dan tokoh agama muslim menghadiri acara umat Hindu,” ungkap tokoh agama Hindu tersebut.

Pihaknya menambahkan, karena di masa pandemi maka kegiatan dilaksanakan secara sederhana. Rencananya kegiatan tersebut akan mengundang hadirkan umat Hindu se Jawa – Bali. Karena pandemi, , maka hanya menghadirkan umat Hindu se Kecamatan Tegaldlimo.

“Saya berterima kasih karena sudah mau hadir dan memberi contoh pluralisme yang baik. Kok gak dari dulu dulu kayak gini, kan bagus,” imbuh Sukirman, ke komunitas Cah Mbregudul yang mayoritas muslim,

Dari kegiatan keagamaan tersebut, Romi Syahroni ketua pemuda Cah Bregudul mengatakan, pihaknya akan terus bergerak meyerukan pluralisme antar umat beragama, karena dalam kehidupan antar umat di desanya berdampingan.

Pihaknya mengaku, intensitas komunikasi yang baik itu terjalin saat komunitas Cah Bregudul melakukan penggalangan dana dan koin amal dan diasalurkan ke warga Dusun Kedungsumur yang membutuhkan.

“Awalnya sempat ragu, namun perlahan komunikasi terjalin dengan baik sehingga semua bisa seperti sodara,” jelas Romi.

Dari kegiatan itu pihaknya berharap besar dalam kegiatan – kegiatan keagamaan bisa saling terlibat berbaur dan saling membantu serta bergotong royong.

“Kami berharap nantinya pemuda dan tokoh umat hindu bisa hadir dalam kegiatan keagaman umat muslim agar jalinan silaturohmi terus terjaga dengan baik,” pungkas pengusaha buah tersebut.

Wartawan : M. Yudi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.