Banyuwangi Siapkan Paket Liburan Wisata Keluarga

by -360 Views
MY Bramuda, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam menyongsong liburan natal dan tahun baru pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mematangkan konsep paket wisata yang akan ditawarkan kepada para wisatawan yang ingin datang dan berkunjung.

Menurut  MY Bramuda, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi menggerakan kembali sektor pariwisata dalam suasana pandemi wabah Covid 19, pihaknya merubah strategi dan bidikan wisatawan, antara lain dengan; yang pertama target yang utama sudah tidak banyaknya jumlah kunjungan wisatawan tetapi lama tinggal (spending), jadi buyer wisatawan yang berkualitas.

iklan aston

Karena dalam situasi dan kondisi saat tidak bisa menggunakan pola mass tourism karena tidak sesuai dengan protokol Covid 19 semakin banyak kerumunan massa semakin tidak baik. Banyak masyarakat luar wilayah yang masuk ke Banyuwangi berbanding terbalik dengan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran wabah Covid 19, imbuhnya.

Selanjutnya Bram mengaskan pihaknya menggunakan pola spending, sehingga bukan pada banyaknya orang yang datang. Meskipun tidak banyak akan tetapi tinggalnya di Banyuwangi lama dan belanjanya banyak. Sehingga dengan demikian tetap saja ekonomi berkembang.

Ayah dua putri itu menambahkan salah satu inovasi dan terobosan yang dilakukan adalah dengan membuat hotel di Banyuwangi menjadi lebih menarik dengan konsep staycation, di mana ada pentas seni budaya, sajian kuliner khas masyarakat Oesing dan pameran lukisan  serta menawarkan paket menginap yang menarik di akhir tahun juga menjadi senjata dan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota yang dikenal dengan The Sunrise Of Java.

Upaya lain yang dilakukan adalah menjadikan destinasi wisata Banyuwangi sekarang benar-benar siap dalam menerapkan  protokol kesehatan. Upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi yaitu mengintervensi mereka dengan memberikan beberapa bantuan infrastruktur berupa; Thermogun, tempat cuci tangan, Toilet, kursi roda, pemadam kebaran, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk wisata yang aman nyaman dan sehat.

”Sehingga ketika wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di wilayah Banyuwangi merasa aman nyaman dan sehat. Dan itulah alasan kenapa orang harus memilih ke Banyuwangi,”jelasnya.

Untuk mematangkan konsep yang ditawarkan dalam minggu ini, lanjut Bram Disbudpar Banyuwangi bersama dengan stake holder pariwisata akan menggodok konsep untuk membuat harga paket murah yang nanti akan dijual melalui travel agen lokal Banyuwangi sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Dimana orang datang menginap dengan diskon rate karena mendapatkan dana subsidi tambahan dari hibah dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (RI).

“Wisatawan mendapatkan paket menginap di hotel berbintang, pementasan seni budaya staycation di hotel, ada paket dinner dan ada paket pameran dan penjualan aneka kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang tumbuh dan berkembang di Banyuwangi. Jadi wisatawan yang menginap di hotel tidak perlu keluar atau cukup di hotel untuk mendapatkan paket liburan yang ditawarkan atau semacam one stop service,” ujar Bram.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.