Kapolresta Banyuwangi Sambut Kakek Pejalan Kaki dari Jepara guna Kampanye Anti Narkoba

by -267 Views
Kapolresta mengalungkan bunga kepada Agus Suwarno
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Agus Suwarno, seorang kakek berusia 78 tahun, berjalan kaki dari Jepara menuju Bali, lanjut ke Jakarta untuk menemui Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kakek sembilan cucu ini memulai misinya, keluar rumah dari Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berjalan kaki ratusan kilometer demi mengampanyekan bahaya narkotika kepada generasi muda. Pasalnya, dia sangat prihatin terhadap peredaran narkoba yang kian marak, terutama di daerahnya, Jepara.

iklan aston

Setibanya di Banyuwangi, Pria kelahiran tahun 1942 ini disambut Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman dengan mengalungkanya bunga. Dikesempatan itu juga, ia meminta agar pihak kepolisian menindak tegas para bandar dan pengedar Narkoba.

“Peredaran Narkoba di Indonesia ini khususnya di Jepara sudah sangat memprihatinkan. Karena itu, saya jalan kaki dari Jepara ke Bali, lanjut ke Jakarta, untuk mengingatkan generasi muda akan bahayanya Narkoba,” kata Agus kepada wartawan di halaman Mapolresta Banyuwangi, Kamis (22/10/2020).

“Saya juga meminta kepada Kepolisian untuk memberantas peredaran narkoba dan ditangani dengan serius,” pinta agus kepada Kombes Pol Arman.

Agus juga mengaku memiliki pengalaman pahit terkait narkoba. Gara-gara narkoba, keponakannya dijebloskan ke penjara di Nusa Kambangan.

“Karena narkoba, keponakan saya masuk ke penjara di Nusa Kambangan. Jadi saya tidak ingin generasi muda di Indonesia hancur gara-gara narkoba,” ungkapnya.

Tak hanya mengimbau untuk perangi narkoba, ia juga mengkampanyekan untuk memerangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk memakai masker. Imbauan itu tertulis jelas di spanduk yang dikenakanya.

Adapun isi spanduk di bagian depan bertuliskan “Perangi Narkoba dan Covid-19, Pakailah masker selalu, Jagalah keluarga dari corona dan narkoba”

Tak hanya tulisan, dia juga membawa sejumlah surat izin dari pihak RT/RW hingga desa setempat. Dengan perbekalan uang dan pakaian seadanya, Agus sudah berhasil melewati sejumlah daerah hingga sampai di ujung timur pulau Jawa ini.

“Nanti kalau sudah sampai Bali saya mampir ke Polda Bali dan Kantor Gubernur Bali. Kemudian lanjut ke Jakarta untuk ketemu Kepala BNN. Saya minta kepada beliau di daerah-daerah diperhatikan lagi supaya punya kantor sendiri, dan menangani narkoba dengan serius. Terutama Jepara, yang tidak punya sama sekali kantor BNN,” harapnya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin SIK, mengaku sangat kagum dan bangga terhadap keprihatinan dan semangat Agus Suwarno. Meski sudah berusia lanjut, tetapi masih memiliki semangat dan keinginan untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya Narkoba.

“Ayo kita lawan dan berantas Narkotika. Sekali saja menggunakan Narkotika akan seterusnya dan sulit sekali untuk disembuhkan, serta memiliki dampak luas bagi masyarakat,” kata Kombes Pol Arman.

Arman menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh misi dan tujuan mulia Agus Suwarno ini. Selain kampanye Narkoba dia juga mengkampanyekan lawan Covid-19.

“Kita dukung perjuanganya. Karena dia juga mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan bermasker sebagaimana anjuran pemerintah. Karena semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Setelah puas bercengkrama dan melakukan foto bersama dengan orang nomor satu di lingkungan Polresta Banyuwangi, Agus kembali melanjutkan perjalanannya menuju Bali, kemudian dilanjut ke jakarta demi membela dan menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba. Keberangkatanya pun, dilepas langsung Kapolresta Banyuwangi di Markasnya.

“Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan dan selalu diberikan kesehatan,” tutup Kapolresta sembari mengibarkan bendera pelepasan.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.