Asper BKPH Kalisetail Membenarkan  Ada Sebagian Kecil Hutan Dialih Fungsikan

by -305 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Nardi, Asper KPH (kesatuan pengelolaan hutan ) Sidomulyo Kalisetail membenarkan dugaan adanya alih fungsi yang jadi lahan pertanian.

Menurut Nardi di beberapa pinggiran lahan hutan lindung di petak 57_B1 KRPH Sidomulyo,memang benar dimanfaatkan untuk pertanian oleh masyarakat, namun luasnya tidak hektaran.

iklan aston

“Kalau di pinggiran hutan lindung memang di jadikan lahan pertanian yang di lakukan oleh masyarakat tapi tidak luas,” ungkap Nardi

“Dalam hal ini kami sudah sering melakukan sosialisasi atau pendekatan kepada masyarakat dan ini sudah yang  kesekian kalinya. Semua intinya untuk kesejahteraan masyarakat, kami menyadari kalau secara aturan tidak diperbolehkan, Tetapi kita tidak akan bertindak secara tegas seperti di dalam aturan, kami melakukan pendekatan dengan cara bersosialisasi kepada masyarakat,” terangnya.

Namun berbeda ungkapan warga Desa Jambewangi yang berinisial A dan S yang enggan di sebutkan namanya  secara jelas. Mereka mengatakan, selama ini di petak 57 B1 tersebut sudah terjadi perambahan hutan lindung yang di jadikan lahan pertanian. “Dengan cara memotong pohon-pohonnya secara perlahan lahan,” papar warga tersebut

“Padahal pepohonan tersebut harus di lindungi sebagai bentuk kelestarian alam dan bukannya  di sulap menjadi lahan pertanian seperti halnya milik inisial N dan SW. “Dalam UU 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan bertujuan untuk menjaga hutan Indonesia merupakan salah satu hutan tropis terluas di dunia sehingga keberadaanya menjadi tumpuan keberlangsungan kehidupan bangsa-bangsa di dunia, khususnya dalam mengurangi dampak perubahan iklim global,” jelasnya.

Wartawan : Hari Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.