Cara Polresta Banyuwangi Ciptakan Suasana Sejuk Saat Aksi Demo

by -248 Views
Tim Pembaca Asmaul Husna dan Pelantun Selawat Nabi Polwan Polresta Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi mengerahkan puluhan anggota polisi wanita (Polwan) untuk mengamankan aksi demostrasi penolakan Omnibus Law di gedung DPRD Banyuwangi Senin (12/10).

Tugas puluhan anggota Polwan yang mengenakan kerudung putih adalah membaca Asmaul Husna dan melantunkan Shalawat Nabi dengan harapan mampu mendinginkan suasana dan menjaga kondusifitas lingkungan selama berlangsung aksi yang melibatkan ribuan masa mahasiswa dan pelajar se Banyuwangi.

iklan aston

Menurut Kapolresta Banyuwangi melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas), Kompol Mustakim, dengan menurunkan tim pelantun selawat dan membaca Asmaul Husna peserta aksi bisa dipenuhi rasa damai dan persahabatan. Sehingga dalam menyampaikan aspirasi terjaga kemurnianya dan tidak ditunggangi oleh kepentingan pihak lain.

”Apabila ada yang melakukan pelanggaran biar ditangani oleh teman mereka sendiri agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan petugas keamanan,” jelasnya.

Dari hasil pantauan di lapangan, keberadaan Polwan yang masuk tim pembaca Asmaul Husna dan melantunkan selawat Nabi yang berada di pintu selatan gedung DPRD Banyuwangi mampu menciptakan suasana yang tertib dan kondusif selama aksi berlangsung.

Sedikit berbeda dengan pintu gerbang yang ada di sebelah utara, demonstran sempat melakukan aksi panjat pagar dan mendorong-dorong padar dan melakukan pelemparan batu dan botol air mineral kepada aparat keamanan yang mengamankan aksi.

Bahkan salah seorang wartawan Harian Bangsa, Ganda Siswanto kepalanya sempat terkena lemparan botol air mineral yang dilempar demonstran.

Kompol Mustakim menuturkan pembacaan Asmaul Husna merupakan tradisi dan kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota Polresta Banyuwangi sebelum melakukan apel. Pada saat ada kegiatan unjuk rasa juga diikutsertakan dalam kegiatan pengamanan untuk mendoakan agar para demonstran, aparat keamanan, masyarakat yang melintas pada saat kegiatan.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.