BMKG Minta Nelayan Waspadai Tinggi Gelombang di Laut Selatan

by -245 Views
Dita Purnamasari, Prakirawan BMKG Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Masyarakat nelayan pemancing dan warga yang biasa melakukan aktifitas di sekitar kawasan pantai selatan diminta mewaspadai tinggi gelombang di perairan selatan Banyuwangi.

Tinggi gelombang diprediksi mencapai sekitar 3,5 sampai dengan 4 meter. Sedangkan tinggi gelombang penyeberangan selat Bali diperkirakan 0.5 sampai dengan 1.5 meter sehingga dinilai aman bagi pelayanan penyeberangan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk Bali dan sebaliknya.

iklan aston

Menurut Dita Purnamasari, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi pada bulan Oktober wilayah Banyuwangi memasuki masa peralhan musim  pancaroba yaitu peralihan dari musim kemarau menuju ke musim hujan, masyarakat diminta waspada potensi terjadinya hujan lebat tiba-tiba yang disertai petir dan angin kencang.

”Cuaca esok hari untuk wilayah kabupaten Banyuwangi umumnya berawan sampai dengan hujan ringan yang potensi terjadi pada sore sampai dengan pagi hari,” jelas Dita.

Selanjutnya wanita kelahiran Jakarta itu menuturkan dalam dua hari mendatang secara umum keadaan cuaca di wilayah Banyuwangi arah angin dominan dari arah Selatan – Barat Daya dengan kecepatan angin rata-rata 06-32 kilometer/jam. Adapun temperatur udara 24-30 derajat Celcius dengan kelembaban udara 68-93 persen sehingga mengakibatkan keadaan cuaca berawan-hujan ringan.

Lebih lanjut wanita berkacamata itu menambahkan untuk wilayah pesisir pantai selatan Jawa mulai dari Pesanggaran, Siliragung, Tegaldlimo dan Muncar serta umum kawasan pantai selatan selain tinggi gelombang laut mencapai 3.5 sampai dengan 4.0 meter juga diwaspadai terjadinya tiupan angin yang cukup kencang.

Dita mengingatkan kepada masyarakat Banyuwangi dalam menghadapi masa pancaroba untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Masyarakat diharapkan mengonsumsi makanan bergizi yang berimbang, istirahat cukup dan tetap melakukan olahraga serta selalu menjaga kebugaran agar tidak mudah sakit akibat perubahan cuaca yang terkadang tidak menentu.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.