Sebagian Santri di Ponpes Mabadiul Ihsan Karangdoro Dinyatakan Sehat

by -429 Views
Dokter Rio, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sempat disiagakan petugas medis, kini kondisi beberapa para santri yang sakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Ponpes Mabadiul Ihsan, dinyatakan sembuh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono kepada seblang.com saat dikonfirmasi perkembangan kesehatan para santri di Ponpes yang terletak di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi itu.

“Alhamdulillah saat ini santri yang kemarin sakit sudah sembuh. Tetapi secara umum tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” kata dr Widji Lestariono kepada seblang.com lewat pesan WhatsApp, Senin (5/10/2020).

Dokter yang akrab disapa Rio itu juga mengungkapkan, bahwasanya tenaga medis yang disiagakan di Ponpes tersebut hanya untuk pencegahan secara dini agar tidak terjadi lagi adanya klaster Ponpes di Banyuwangi.

“Kemarin itu sakitnya macam macam, ada yang ISPA sebanyak 7 orang, gatal 6 orang, sakit gigi 1 orang, sakit lambung 1 orang, luka jahit kaki 1 orang, nyeri selangkangan 1 orang. Tetapi semuanya sudah membaik,” ungkapnya.

Rio mengakui memang sebelumnya ada santri yang pada saat rapid tes menunjukkan hasil reaktif. Tetapi kondisinya dalam keadaan baik.

“Iya itu hasil rapid tes, bukan swab. Kemudian kita pisahkan sendiri. Saat ini gejalanya sudah hilang, tetapi masih harus karantina sampai 14 hari dan dipantau Puskesmas setempat,” ujarnya.

Saat ini pun, petugas medis yang sempat disiagakan di Ponpes Mabadiul Ihsan, sudah ditarik kembali ke tempat tugasnya masing-masing.

“Sudah tidak ada lagi penugasan tenaga kesehatan disana. Pemantauan secara umum dilakukan oleh Puskesmas setempat,” pungkasnya.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.