Pimpinan DPRD Banyuwangi Bagikan Buku Essai Peringati Hari Kesaktian Pancasila

by -232 Views
Foto: Pimpinan DPRD Banyuwangi ketika kunjungan kerja ke SMA Negeri 1 Giri
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober dimanfaatkan pimpinan DPRD Banyuwangi mengajak generasi milenial dan masyarakat Banyuwangi untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah pandemi.

Untuk itu, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara didampingi Wakil Ketua DPRD, M.Ali Mahrus dan Ruliyono melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) di SMA Negeri 1 Giri, sekaligus melihat secara langsung pembelajaran daring selama pandemi.

iklan aston

Disambut langsung Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banyuwangi, Istu Handono, Kepala SMA Negeri I Giri, Mujib, Ketua Forum Komite Sekolah Banyuwangi, Misnadi, beserta jajaran Guru dan Siswa, rombongan pimpinan DPRD Banyuwangi tersebut menyerahkan buku kumpulan essai yang bertemakan “ Spirit Pancasila, Gotong Royong Hadapi Covid-19 “.

“Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, kita bagikan buku kumpulan essai ini. Semoga gagasan –gagasan yang disampaikan lewat karya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk menangani pandemi Covid-19 , “ kata Made Cahyana.

Selain itu, buku kumpulan essai tersebut juga akan didistribusikan ke lembaga pendidikan lainnya di Banyuwangi. Hal ini bertujuan untuk mendorong kalangan pelajar kian aktif menulis dan mengaktualisasikan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya sebagai norma dasar, tetapi juga sebagai falsafah Grondslag atau cara pandang kita sebagai warga negara, misalnya gotong royong dalam menangani pandemi Covid-19 ,“ jelas Made.

M.Ali Mahrus menambahkan, Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena Pancasila tidak terlepas dan sejalan dengan konsep syariah Islam.

“Falsafah Pancasila sejalan dengan lima hal inti dalam konsep Syariah Islam,“ ucapnya.

Sedangkan Ruliyono dalam kesemapatan ini mengatakan bahwa kesaktian Pancasila dimaknai sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa. Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar negara dan mempererat persatuan dan kesatuan.

“Kesaktian Pancasila juga bisa dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI,“ ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Jatim, Istu Handono memberikan apresiasi kepada DPRD Banyuwangi yang telah menggelar lomba penulisan essai yang bertemakan Pancasila.

“Hal ini membuktikan bahwa anggota DPRD merupakan negarawan,“ ujar Istu.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, pimpinan DPRD Banyuwangi juga menyempatkan diri menyapa siswa-siswi SMA Negeri I Giri yang mengikuti pembelajaran melalui daring agar tetap bersemangat mengikuti kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.