Polisi Bubarkan Lomba Burung Berkicau Saat Pandemi Covid – 19

by -362 Views
Girl in a jacket

Foto: Polisi membubarkan lomba burung berkicau

Banyuwangi, seblang.com – Sekumpulan orang yang sedang mengikuti lomba burung berkicau di Kelurahan / Kecamatan Giri, Banyuwangi dibubarkan aparat kepolisian, Minggu (7/6) sore.

--

Kapolsek Giri AKP Ali Ashari mengatakan, ajang perlombaan burung berkicau atau yang biasa disebut gantangan burung dibubarkan karena menyebabkan kerumunan di tengah wabah Covid-19.

“Pembubaran perlombaan burung tersebut, dalam upaya menindak lanjuti maklumat Kapolri tentang penanganan dan pencegahan penyebarluasan Covid-19, di antaranya untuk mengurangi kumpul kumpul atau bergerombol,” ucap AKP Ali Ashari, Senin (8/6).

Pembubaran itu dilakukan setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat. Mengingat, pihaknya tidak merasa mengeluarkan izin, maka setelah melakukan pengecekan dan memastikannya, kemudian bersama anggota acara lomba kicau burung terpaksa dibubarkan.

Sehingga ratusan orang yang tengah asyik memperlombakan burung kicauanya, diminta untuk membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing dengan aman dan damai.

“Hal ini dilakukan selain tanpa adanya izin, juga terkait larangan untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa sampai batas waktu yang belum ditentukan hingga menunggu pemberitahuan resmi dari pemerintah. Tentunya guna mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona,” tegasnya.

Saat dilakukan pembubaran, beruntung pihak panitia dan peserta menerimanya, dan mau membubarkan diri dengan sukarela.

“Kami juga mengimbau dan memberikan sosialisasi kepada peserta maupun penonton agar mematuhi aturan pemerintah saat ini. Tentunya demi kebaikan bersama memutus rantai penyebaran virus corona,”pungkasnya.

Diketahui saat ini Kabupaten Banyuwangi masuk zona merah di Jawa Timur karena sudah terdapat 10 orang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 diantaranya 4 dinyatakan sembuh, 5 orang masih dalam perawatan/pengawasan dan 1 orang meninggal.(guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.