Pasien Positif Covid-19 di Banyuwangi Naik Satu, Sembuh Satu

by -328 Views
Girl in a jacket

Foto : petugas menjemput pasien 10 positif 

Banyuwangi, seblang.com – Pasien positif Covid-19 di Banyuwangi bertambah satu sehingga menjadi 10 orang, Jumat (5/6).

iklan aston

Dalam proses penjemputan pasien 10 tersebut, oleh warga setempat sempat direkam dengan kamera smartphone. Sehingga videonya, sempat viral di media sosial.

Dalam video tersebut menyebutkan jika pasien positif yang dijemput itu berasal dari Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

“Pasien 10 asal Kelurahan Bakungan. Hasil swab pasien 10 sudah keluar, dan dinyatakan positif. Selanjutnya langsung kami rawat di RSUD Blambangan,” kata dr Widji Lestariono, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, kepada seblang.com.

Rio sapaan akrab dr Widji Lestariono menjelaskan, sebelumnya pasien 10 tersebut melakukan rapid test pada 30 Mei lalu, dan diketahui hasilnya reaktif. Sesuai prosedur, warga tersebut langsung dilakukan tes swab alias uji usap tenggorokan, dan hasilnya terbit hari ini.

”Kondisi pasien 10 saat ini secara klinis sangat baik, sehingga yang bersangkutan bisa dikatakan sebagai OTG atau orang tanpa gejala. Tapi tetap kami isolasi di RSUD Blambangan. Kemudian akan terus dilakukan treatment, dan dalam waktu dekat kita uji swab lagi,” kata Rio.

Kendati demikian, imbuhnya, diwaktu yang sama juga terdapat penambahan pasien sembuh dari virus asal Wuhan tersebut, sebanyak satu orang. Sehingga total pasien yang sembuh mencapai 3 orang dari 10 kasus positif yang ada.

“Di waktu yang sama hasil swab pasien 04 , warga Kecamatan Genteng, sudah keluar dan dinyatakan negatif. Hasil tersebut juga sudah diumumkan oleh Pemprov Jawa Timur,” sambungnya.

Rio mengatakan, dengan tambahan satu orang yang sembuh, maka recovery rate atau tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Banyuwangi sebesar 30 persen. ”Recovery rate cukup baik, dan kita terus berdoa dan bekerja semoga pasien yang sembuh terus bertambah. Treatment dilakukan dengan terus menambah asupan vitamin, menjaga psikologi pasien, dan langkah-langkah medis lainnya,” ujarnya.

Rio kembali mengingatkan warga agar terus mematuhi protokol kesehatan.

“Pakai masker kalau keluar rumah, sering cuci tangan pakai sabun, olahraga teratur, istirahat cukup, konsumsi gizi seimbang, dan jauhi kerumunan,” pungkasnya.

Data dari Dinas Kesehatan Banyuwangi, Jumat (5/6) menyebutkan, pasien positif Covid-19 di Banyuwangi sebanyak 10 orang dengan rincian 3 orang sembuh, 6 orang pengawasan / perawatan dan 1 orang meninggal.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) terdapat 35 orang dengan rincian 12 orang sembuh, 13  orang pengawasan / perawatan dan 10 orang meninggal.

Adapun terdapat orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 855 orang, antara lain 827 orang dinyatakan sembuh, 27 orang proses pemantauan dan 1 orang meninggal. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.