Pemda Banyuwangi Bangun Pos Screening  di Lereng Gunung Ijen

by -193 Views
Girl in a jacket

Foto: Camat Licin H Hartono Menyerahkan Thermo Gun Kepada Perangkat Desa Gumuk di Kantor Kecamatan Licin Banyuwangi

Banyuwangi, seblang.com – Dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid 19 atau virus Corona di wilayah Kecamatan  Licin pemerintah membuat pos screening terpadu di Rest Area Tamansari desa Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi. Pembuatan pos ini sama dengan pos screening terpadu yang di Kalibaru (Pintu masuk wilayah Barat ) dan di Wongsorejo (Pintu masuk Banyuwangi wilayah Utara).

Menurut H Hartono, Camat Licin petugas gabungan yang ada di pintu masuk kawasan Wana Wisata Gunung Ijen melaksanakan kegiatan / tugas untuk mencatat dan melakukan pengecekan kepada warga masyarakat dari luar Banyuwangi. Baik yang datang atau masuk melalui  Kecamatan Licin dan yang  dating dari Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso.

“Pos screening terpadu di Kecamatan Licin sejak diresmikan setiap harinya beroperasi mulai pukul 07.00  sampai dengan pukul 19.00. Adapun petugas yang terlibat merupakan gabungan berbagai unsur mulai dari staff Kecamatan Licin, TNI/Polri, Puskesmas Licin, Relawan, aparat desa Tamansari dan lain sebagainya,” jelas Camat berkacamata minus itu.

Ayah tiga anak itu menambahkan para petugas di pos screening terpadu melaksanakan  pemeriksaan kepada warga masyarakat dari luar kabupaten Banyuwangi. Apabila mereka naik mobil maupun sepeda motor maka mobil dan sepedanya akan disemprot oleh petugas dengan  cairan disinfektan.

Kemudian pengemudi atau penumpangnya di minta turun untuk dilakukan pemeriksaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan mulai, pertama cuci tangan menggunakan sabun terlebih dulu. Lalu dilakukan pengecekan suhu tubuhnya dengan menggunakan alat Thermo Gun.

“Selanjutnya dipersilakan duduk untuk di wawancarai petugas, dicatat identitas/ KTP nya  dari mana asalnya,  tujuannya ke mana,  kepentingannya apa dan berapa lama tinggal di Banyuwangi. Data yang masuk nantinya digunakan sebagai upaya pemantauan siapa siapa yang masuk di wilayah Kabupaten Banyuwangi, katanya.

Hartono menambahkan berdasarkan data yang ada dalam satu hari rata-rata sepuluh kendaraan dari wilayah Bondowoso yang masuk ke Banyuwangi melalui Pos Screening Terpadu di Kecamatan Licin.”Sejak ada informasi penyebaran wabah Covid 19  kendaraan yang melintas di area perbatasan Banyuwangi-Bondowoso pada malam hari jumlahnya sangat sedikit,” imbuhnya.

Lebih lanjut Camat Licin berharap agar masyarakat tetap tenang, mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan budaya hidup bersih dan sehat serta selalu berdoa semoga wabah Covid 19 bisa tuntas secepatnya. Selanjutnya bisa menjalani kehidupan yang normal dan lebih baik pasca berakhirnya ujian penyebaran wabah Covid 19 yang menjadi pandemi dunia dalam beberapa waktu terakhir. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.